Home » General Info » Perbedaan Kuliah S1, S2, dan S3

Perbedaan Kuliah S1, S2, dan S3

Bismillah.

aaMungkin banyak yang bertanya, sebenarnya apa sih perbedaan antara kuliah S1(bachelor), S2(magister), dan S3(doctoral)? Berikut ini saya akan meringkas beberapa tulisan yang tersebar di internet yang mencoba untuk menjawab pertanyaan diatas. Mungkin sebagian jawaban hanya sekedar personal view, akan tetapi saya yakin kita dapat mengambil manfaat darinya.

Kembali kepada pertanyaan, apa sih perbedaan Kuliah S1, S2, S3?

-          S1 bersifat lebih umum dan memiliki cangkupan yang lebih luas. Pada jenjang S1 akan mempelajari hal-hal yang sifatnya dasar. Tujuan utamanya untuk mengenalkan mahasiswa pada bidang/jurusan yang ia minati dan membekalinya untuk berfikir sistematis. Jenjang  S2 bersifat lebih fokus. Mahasiswa S2 dididik untuk menguasai (bukan sekedar mengenal) bidang yang ia minati. Adapun jenjang S3 ditujukan untuk menghasilkan individu-individu yang mampu mengembangkan bidang minat tersebut.  Mahasiswa S3 diarahkan untuk dapat melakukan penelitian sencara mandiri [1].

-          Dalam bahasa yang sederhana di S1 mahasiswa mempelajari (satu atau lebih) metode, di S2 mahasiswa mengembangkan metode, sedangkan di S3 mahasiswa menghasikan metode (baru). Oleh karena itu, Tugas Akhir mahasiswa S1 adalah mengaplikasikan suatu metode untuk menyelesaikan sebuah persoalan, Tesis S2 mengembangkan metode yang spesifik agar dapat diaplikasikan untuk persoalan yang lebih luas, sedangkan disertasi S3 menghasilkan metode baru yang lebih baik daripada metode yang sudah ada sebelumnya [2].

-          Beda lulusan S1, S2 dan S3 adalah cara berpikirnya yang berbeda. S2 lebih memikirkan hal-hal yang sifatnya strategis dan akibatnya, lebih jauh ke depan. Karena itu lulusan S2 biasanya mendapat pekerjaan dengan posisi yang lebih tinggi, dibandingkan S1. Lulusan S1 lebih banyak di tingkat taktis, oleh karena itu biasanya mereka berada di lapangan dan mengerjakan hal-hal yang taktis, bukan strategis. Lulusan D3, lebih taktis lagi, biasanya dibagian-bagian lapangan, dan sifatnya praktis. Pendidikan doktoral (S3) dimaksudkan untuk menghasilkan peneliti. Para doktor akan mempelajari, merenungi dan melakukan penelitian untuk menemukan hal / masalah, yang bagi orang lain sebenarnya masalah itu tidak ada, tapi mereka mempunyai kemampuan untuk “melihat” masalah yang tidak dapat dilihat oleh orang lain. Setelah itu, mereka melakukan usaha, penelitian untuk mencari solusi / jalan keluar dari hal / masalah yang dicoba untuk dilihatnya tadi [3].

-          Pendidikan sarjana (S1) harusnya mengajarkan khasanah ilmu yang ada sehingga ia menjadi orang yang terdidik. Diharapkan lulusan S1 dapat menerapkan ilmunya untuk persoalan-persoalan yang generik. Artinya jenis persoalan yang memang sudah pernah diajarkan. Pendidikan magister (S2) adalah kelanjutan dari pendidikan S1. Ia mengusai state of the art dan best practices di bidangnya. S2 semacam lisensi untuk mempraktekkan profesi bidang ini. Pendidikan doktoral (S3) dimaksudkan untuk menghasilkan peneliti. Peneliti adalah orang yang senang mencari kemudian mengkodifikasi pengetahuan baru. Jadi syarat pertama seorang doktor sebenarnya adalah keinginan menulis pengetahuan baru. Syarat kedua, tentu keinginan tahu serta kegigihan untuk menggunakan metoda riset untu k mencari pengetahuan baru [4].

-          Yang lain mengatakan bahwa lulusan S1 menguasai aksiologi ilmu (penggunaan ilmu). Lulusan S2 lebih menekankan penguasaan komponen epistemologi ilmu yang meliputi sumber, sarana, dan tatacara menggunakan sarana tersebut untuk mencapai pengetahuan ilmiah. Sedang S3 diharapkan tidak hanya sekedar menguasai komponen aksiologi dan epistemologi ilmu tetapi lebih dari itu masuk pada ontologi ilmu yang meliputi apa hakikat atau bentuk yang hakiki dari ilmu, kebenaran dan kenyataan yang inheren dengan pengetahuan ilmiah tersebut. [5]

Semoga bermanfaat…

Sutrisno W. Ibrahim. Riyadh, 20/10/2013.

Sumber:

[1]   http://imti.ie.ui.ac.id/?p=430

[2]   http://rinaldimunir.wordpress.com/2013/04/24/perbedaan-s1-s2-dan-s3/

[3]   http://www.elektranews.com/elektra/m-article-2013-02-10/beda-cara-berpikir-s1-s2-s3.html

[4]   http://azrl.wordpress.com/2008/04/25/beda-program-s1-s2-s3-di-mana/

[5]   http://azaleany.blogspot.com/2010/06/perbedaan-bobot-ilmu-pendidikan-s1.html

(semua web diakses tanggal 20/10/2013)

About these ads

7 thoughts on “Perbedaan Kuliah S1, S2, dan S3

      • iya pak, hehee.
        tp maksud sy, masuk kelasnya seintensif S1 tidak?
        soalnya sy semester akhir dan udah kerja, takutnya kalau ambil S2 tar usaha saya jadi gak jalan karena kesibukan kuliah di S2-nya.

        dan satu lagi, saya dari kampus swasta (daerah jkt selatan), apakah ketika mendaftar S2 ada syarat2 tertentu selain toefl, seperti minimal IPK atau yang lainnya pak?

        maaf pak banyak nanya :)

      • Secara umum S2 untuk kuliah tidak seintensif S1, begitu juga dengan tugas, tidak sebanyak S1. Namun untuk S2 perlu banyak belajar sendiri, rajin melakukan penelitian dan biasanya tugasnya lebih berat.

        Untuk persyaratan tergantung universitas yang dituju. Alhamdulillah sekarang ini kebanyakan universitas punya “website/portal pendaftaran” yg mana syarat2 pendaftara bisa dibaca disitu.

  1. Sebagian mengatakan,
    S1: butuh kecerdasan (IQ) dan daya ingat.
    S2: Harus bisa presentasi dan membuat publikasi
    S3: Harus bisa mengalahkan diri sendiri…
    Yang lainnya mengatakan,
    jika yang bertanya mahasiswa s1 maka dosen akan memberikan jawaban dengan jelas..
    jika yang bertanya mahasiswa s2 maka dosen akan memberikan dua jawaban.
    jika yang bertanya mahasiswa s3 maka dosen tidak akan memberikan jawaban..
    : )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s