Home » SaudiArabia » Sekilas Tentang Kuliah di KSU

Sekilas Tentang Kuliah di KSU

220px-King_saud_university_entranceBerangkat dari banyaknya pertanyaan yang saya terima seputar KSU (King Saud University) baik lewat email, FB, WA atau sms dan pertanyaan tersebut kebanyakan berulang/mirip maka kali ini saya mencoba menulis sekilas tentang KSU.  Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi yang membutuhkan. Setidaknya bermanfaat bagi diri saya sendiri, jika ada yang bertanya tinggal cantumkan link tulisan ini : -)

Sekilas Tentang KSU

KSU adalah universitas negeri yang berada di kota Riyadh, ibu kota Saudia Arabia. KSU didirikan tahun 1957. KSU adalah salah satu universitas yang menonjol di Saudi Arabia, terutama untuk bidang non-agama (untuk bidang agama yang menonjol adalah Unv. Imam Su’ud dan Unv Islam Madinah). Kalau dilihat dari peringkat ARWU, The- QS World University Rankings, dan webomatric KSU menduduki urutaran pertama di negara-negara Arab (2012). Info lebih lanjut tentang KSU bisa dilihat di website resmi: www.ksu.edu.sa

Perkuliahan

Untuk jurusan umum (non-agama) perkuliahan disampaikan dalam bahasa ingris (jadi tidak perlu kuatir jika belum menguasai bahasa Arab). Kebanyakan dosen lulusan USA, Kanada atau UK. Mahasiswa S2&S3 sebelum melakukan riset untuk thesis/disertasi diwajibkan menyelesaikan beberapa matakuliah (ini yang kadang bikin lama). Rata2 mahasiswa S2 lulus 3-3.5 thn (kalau menurut academic plan harusnya 2.5 thn, tetapi kenyataan tidak banyak yang selesai dalam durasi tersebut), sedang S3 sekitar 4-5thn.

Adapun untuk jurusan agama (seperti fakultas Tarbiyah) maka bahasa pengantarnya b. Arab. Biasanya mengikuti mata kuliah selama 3 semester kemudian penelitian. Penelitian ini yang lama untuk jurusan agama, terutama mencari judul.  Rata-rata pasca sarjana jurusan agama lebih lama dari jurusan umum.

Mahasiswa Murni dan Researcher A/B

Secara umum ada dua jenis status mahasiswa: Mahasiswa Murni (Pure student) dan Mahasiswa+Peneliti (Researcher A/B). Keduanya memiliki plus dan minus masing-masing. Untuk mahasiswa murni urusan administrasi lebih simple (dibawah idaroh minah/unit khusus untuk mahasiswa asing), mudah untuk ngajukan cuti, dll. Adapun researcher A/B urusan administrasi agak ribet (dibawah kepegawaian), selain belajar dia juga memiliki kewajiban tertentu seperti jaga ujian, ngajar tutorial dan lain-lain. Tetapi researcher A/B ini selain mendapat beasiswa dia juga dapat gaji.

Kedua status diatas universitas yang menentukan, saat mendaftar tidak dibedakan. Kita dapat mengetahuinya saat sudah dinyatakan diterima. Kalau kita hanya dapat surat pernyataan diterima sebagai mahasiswa maka statusnya sebagai mahasiswa murni. Jika selain dapat surat penerimaan juga dapat surat keterangan kontrak maka sebagai researcher A/B.

Beasiswa dan Biaya Hidup

Secara umum seluruh universitas di negeri di Saudi Arabia memberikan full-scholarship, mahasiswa sama sekali tidak dibebani biaya kuliah (alias gratis) dan mendapat uang bulanan. Uang bulanan  890 SAR (sekitar 3 juta rupiah). Apakah uang segitu cukup untuk biaya hidup? Jawabanya insyaAllah sangat cukup karena selain telah disediakan asrama gratis  kita juga mendapat subsidi makan di kantin kampus. Sekali makan paling 2 SAR untuk siang dan malam, sedang pagi 1 SAR(katakan kita makan 3x sehari selama 1 bln maka 5×30=150 SAR).

Jika statusnya selain sebagai mahasiswa juga sebagai Reseacher A (S3) atau Researcher B (S3) maka akan dapat tambahan gaji. Gaji researcher A sekitar 2110, sedang researcher B 1110 (gaji ini tidak termasuk beasiswa diatas). Jika beruntung ikut proyek dosen bisa dapat tambahan gaji riset.

Foto 0184

Fasilitas

– Asrama gratis (masing-masing kamar lengkap dengan kulkas, AC, jaringan internet, dll). Di lingkungan asrama juga disediakan klinik kesehatan gratis, mesin atm, supermarket, tempat jahit, tempat potong rambut, dll. Lingkungan asrama cukup aman (disetiap gerbang ada petugas keamanan), bersih dan rapi (banyak petugas kebersihan).

– Jaringan internet/wi-fi hampir diseluruh area kampus. Untuk kecepatannya tidak usah diragukan.

– Perpustakaan yang cukup lengkap (buku-buku bahasa Arab maupun Ingris), 6 lantai, terbesar di Saudi Arabia, buka sampai malam, banyak tersedia komputer untuk akses internet, akses journal internasional gratis (Nature, Elsevier/Sciencedirect, IEEE, dll).

– Untuk riset, banyak sekali research center. Biasanya mahasiswa gabung ke research center untuk melakukan penelitian. Sebagian mahasiswa ikut penelitian dosen (banyak dosen yang memiliki funded riset). Tetapi terbatasnya SDM kandang kala menjadi permasalahan tersendiri.

– Fasilitas olah raga yang lengkap: futsall, tennis, renang, dll

– Pada jam aktif di area kampus disediakan transportrasi (bus) gratis. Tetapi biasanya kita tidak menggunakannya, cukup dengan jalan kaki.

– Terdapat kantin yang bersubsidi bagi mahasiswa sehingga sangat murah. Sebagian teman sesekali masak di asrama (ada dapur didekat tiap kamar).

Cara Daftar

–          Informasi dan pendaftaran untuk pasca sarjana: http://dgs.ksu.edu.sa/ . Biasanya pendaftaran dibuka sekitar bulan Nov/Des. Tidak ada tes langsung, hanya seleksi berkas (lewat pendaftaran online). Untuk keterangan lebih lanjut tentang pendaftaran S2&S3 klik https://sutrisnolink.wordpress.com/2013/10/30/seputar-pendaftaran-s2s3-di-ksu/.

–          Informasi dan pendaftaran untuk pendidikan bahasa Arab (ma’had Lughah (pra-S1), tadrib mu’allimin): http://ali.ksu.edu.sa/register/arreg.htm (pindah: https://eservices2.ksu.edu.sa/ALI/Public/AvailableVacancies.aspx  )

Keuntungan Lain

Keuntungan lain kuliah di KSU (atau di Arab Saudi secara umum) adalah dapat menunaikan ibadah haji dan umroh. Jika mau Anda dapat menunaikan ibadah umroh tiap bulan (atau tiap minggu jika kuat!).  Anda juga akan mendapatkan jatah libur musim panas tiap tahun (sepanjang 2 bulan)+ tiket PP ke tanah air. Jika Anda memiliki semangat untuk menimba ilmu agama maka Alhamdulillah banyak sekali majelis ilmu ulama-ulama besar di Riyadh (tentu harus punya modal bahasa Arab).

Membawa Keluarga

Bagi yang sudah berkeluarga bisa membawa keluarganya ke Saudi Arabia tetapi harus tinggal di luar kampus. Biasaya disyaratkan IPK diatas nilai tertentu. Peraturan terbaru disyaratkan memiliki IPK 4.5 keatas (skala 5) . Tiket keluarga ditanggung sendiri. Sedang untuk sewa rumah di luar, kampus memberi ganti sewa rumah 6000 SAR (untuk S2/Researcher B) atau 9000 SAR (S3/Researcher B). Adapun mahasiswa murni tidak dapat ganti sewa rumah.

Kendala/Kekurangan

Agar lebih objektif saya sebutkan juga sisi negatifnya. Salah satu kendala/kekurangan kuliah di KSU (atau di Saudi Arabia secara umum) adalah urusan administrasi/biokrasi yang lambat. Sebagian staff administrasi hanya bisa berkomunikasi dalam bahasa Arab ( Untuk itu hendaknya berusaha membekali diri dengan bahasa Arab dasar). Sebagaimana telah disinggung diatas, durasi kuliah juga cukup lama.

Komunitas Mahasiswa Indonesia

Jumlah mahasiswa Indonesia di KSU sekitar 70-an (tahun 2014). Komposisinya beragam, mulai dari peserta persiapan bahasa/ma’had lughah (sebelum S1) sampai mahasiswa S3. Kita memiliki komunitas yang disebut KAMISA (Keluarga Mahasiswa Indonesia KSU). Biasanya KAMISA mengadakan pertemuan rutin tiap 2 pekan yang diisi acara makan-makan, tausiah, pemaparan ilmiah dan juga perkenalan jika ada mahasiswa baru. Selain Kamisa ada juga organisasi PPMI (Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia, www.ppmiriyadh.com) Riyadh.

Sutrisno W. Ibrahim

Riyadh, 18 Dzulhijjah 1434 (10 November 2013). [Last Update 16 Des 2015, Tulisan ini akan diupdate berkala insyaAllah]

Tambahan info:

136 thoughts on “Sekilas Tentang Kuliah di KSU

  1. Pak mohon dishare lebih detail tentang kualitas research disana? Laboratorium, Professor, Library, journal dan fasilitas mahasiswa untuk publikasi ke luar bisa gak?

  2. Bismillah
    Sebelumnya maaf, saya Darus dari gizi UGM. kira-kira kalau saya mendaftar jurusan kesehatan disana apa besar kemungkinan ditolak? soalnya saya pernah menanyakan, jurusan kesehatan disana jarang ada orang indo jadinya susah, apa benar demikian? terima kasih sebelumnya

    • Saya kurangtahu persis tentang Petroleum Engineering di KSU. Tetapi di fakultas engineering KSU memang jurusan tersebut tidak sebesar jurusan yang lainnya. Saya juga tidak tahu apakah jurusan petroleum KSU lebih baik dari jurusan petroleum di KFUPM.

  3. Untuk yg sudah berkeluarga apa bisa membawa keluarga dan diberikan fasilitas seperti yg disebut di atas?

    Jazaakallahu khairan…

    • Mahasiswa pasca bisa bawa keluarga, tetapi harus tinggal di luar (Menyewa, biaya ditanggung sendiri). Tahun lalu saya membawa keluarga. Tahun ini keluarga di Indo. Insyaallah mau membawa lagi semester/thn dpn.

      • Bismillah, Ana membaca bagian membawa keluarga ada bingung tentang persyaratan IPK, maksudnya syarat 4.5 itu untuk syarat ketika kita mendaftar atau saat kuliah sudah berlangsung harus menjaga nilai IPK sebesar 4.5? Jazakallah khoir katsiron

  4. Pingback: Pendaftaran Beasiswa KSU [dimulai 14Muharram1435/17Nov'13] | Sutrisno W. Ibrahim

  5. Pingback: Seputar Pendaftaran S2&S3 di KSU | Sutrisno W. Ibrahim

    • Wa’alaikumsalam,

      GRE singkatan dari Graduate Record Examination. Secara sederhana GRE adalah semacam tes potensi akademik (dalam bahasa Inggris) untuk mendaftar pascasarjana. Berbeda dengan toefl yang hanya mengetes kemampuan berbahasa Inggris. Toefl biasanya diminta saat daftar kuliah di S1. Adapun untuk pascasarjana (S2 dan S3) selain Toefl juga diminta GRE.

      Info lebih lanjut: http://www.ets.org/gre

      Saya dulu niat mau buat tulisan singkat ttg tes TOEFL dan GRE, tetapi blm sempat. Semoga Allah memberi kemudahan untuk meluangkan waktu.

    • Wa’alaikumsalam, Untuk S1 jurusan umum (teknik, science, computer, dll) secara umum tidak dibuka untuk orang asing, hanya jurusan syari’ah/bahasa arab. Biasanya yang kuliah S1 bahasa Arab/Syariah memulai dengan ikut program ma’had lughah(persiapan bahasa). lihat: http://ali.ksu.edu.sa/

      • Jazakallahu khairan atas jawabannya.
        Lalu dimana saya bisa mengikuti ujian GRE? Apakah di indonesia ada lembaga yg menyelenggarakan ujian tsb.? Berapa pula biayanya?

        Iya, bagus sekali jika menjadi tulisan tersendiri.

      • Maksudnya, ikut program ma’had lughah dlu bru dftar jdi Mahasiswa atau klu sdah lulus jdi Mahasiswa KSU bru ikut program ma’had lughah??

  6. Pingback: Info Seputar Kota Riyadh | AssunnahRiyadh.com

  7. Assalamualaikum
    untuk S2, jurusan umum apa aja yang dibuka?
    terus S2, jurusan/bidang agama apa aja yang dibuka?
    terus boleh gak yang S1 bahasa inggris ngambil S2 nya bidang agama ?
    mohon infonya

    • Wa’alaikumsalam. Jurusan yang dibuka nanti bisa lihat di dgs.ksu.edu.sa jika sudah mulai waktu pendaftaran (17 Nov 2013). Setahu Saya tidak boleh. Usahakan se-linear mungkin dengan S1.

  8. ooh gitu yah,,,,Jazakallahu khaira
    oh ya kalau ngambil jurusan yg berkaitan dengan bahasa inggris, type TOEFL nya yang ITP atau IBT?

  9. Pingback: KampusNews | Beasiswa di arab saudi, bisa kuliah dan naik haji!

  10. Pingback: Info Seputar Kota Riyadh | Sutrisno W. Ibrahim

  11. bismillah,,,,, saya daftar program bhasa dan lughoh, bagaimana mengetahui keterima atau tidaknya ???

    mohon penjelasannya,,,

  12. Assalamu’alaikum pak, saya mahasiswi semester 6 fakultas biologi suatu PTN,,,saya ingin lanjut S2 Biologi beasiswa di Riyadh,,,tapi saya bingung mana universitas yang tepat, ada biologinya dan bagus..
    1.Adakah referensi untuk saya?
    2. Apakah saya harus wajib mencari mahram untuk keberangkatan?
    3. Lebih kondusif mana jika saya datang dengan mahram yang sekedar nemenin saya atau sekalian ikut kuliah juga?
    4. Kalo berkenan saya sangat beharap dikenalkan dengan seorang akhwat yang antum kenal sedang studi di arab juga,,,yang senang berbagi via inbox mekanisme kesana,
    5. Jika antum jadi saya apakah anda memilih mengumpulkan kepingan info lewat internet masuk kuliah atau ikut suatu badan yang membantu keberangkatan mahasiswa kuliah ke riyadh?

    Jazakumullah,,,
    semoga Allah senantiasa memberi ganti pahala atas semua info yang dapat membantu kami semua yang ingin sekali menyusul.
    amiin

    • Wa’alaikumsalam,
      Semoga Allah memberi yang terbaik.

      1. Saat ini blm. Jurusan KSU yang disediakan untuk wanita bisa dilihat di: http://ksu.edu.sa/Students/Female%20Students/AlmalazCenter/colleges/Pages/default.aspx
      2. Iya, wajib.
      3. Kebanyakan wanita yang kuliah disini adalah karena suaminya kerja/kuliah disini (bukan sebaliknya).
      4. Saya tidak punya kontaknya. Sebelumnya ada wanita/akhwat yang kuliah di KSU, tetapi sudah lulus bbrp tahun lalu.
      5. Saran saya, untuk wanita lebih baik melanjutkan pendidikan dalam negeri. Kecuali jika suami kerja/kuliah di luar negeri.

      Waiyyaki jazakumullah

  13. Pak, saya sudah menjalin berkomunikasi dengan beberapa Prof. KSU yang memiliki bidang penelitian sama, apakah hal ini akan membantu proses kuliah & beasiswanya? kebetulan beda jurusan walaupun penelitiannya sama-sama komposit.

  14. Maaf Pak, mau tanya. Apakah mahasiswa S2 bisa menjadi peneliti di sana? Sebagai misal Researcher B? Terima kasih.

    • Saat mendaftar s2/s3 itu otomatis mendaftar sebagai research assistant. Tetapi keputusan diterima sebagai mahasiswa murni/sebagai research assistant ditangan universitas. Allahu A’lam.

  15. Dear Brother,
    Assalamalaikum! I am accepted for PhD, I would be allotted research topic by the department or I can propose my own phd work.and how to get project work under any professor,how should I apply

  16. Assalamualaikum akh
    afwan mau tanya, untuk belajar agama atau bahasa arab, daftanya kapan dan dimana ya akh?
    Syukron katsir.

  17. Bismillah.
    Sebelumnya mas infokan bahwa ada yg sudah keterima di jurusan “ekonomi dan fisika”, insyaAllah saya ingin bisa dapat beasiswa di KSU di ekonomi (linier dgn S1), bisa dibantu informasi temen indo yg sdh keterima di jurusan ekonomi tsb mas?, akhi ada gmail?, semoga bisa membantu.., jazaakallohu khoiron

  18. Assalamu’alaikum pak, kalau mengikuti S1 jurusan bahasa Arab apakah boleh kalau belum memiliki bekal bahasa arab sama sekali? Terimakasih sebelumnya

  19. Dear Brother,
    Assalamualaikum,
    I have my visa stamped, please tell me whether air ticket would be booked by KSU or I have to book myself and would it be reimbursed and if other visa stamping charges would be reimbursed.

  20. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Mas Sutrisno, untuk program Master E-Business di Dept. MIS, Business Administration College apakah ada international student dari Indonesia yang masih studi di sana? Mohon alamat email ybs jika ada info terkait hal tersebut.

    Mas, saya sudah mencoba menghubungi professor di sana dan saya diarahkan untuk email ke PIC administrasi di sana. Saat ini saya sedang butuh LOA untuk proses seleksi beasiswa dari LPDP. Apakah memungkinkan mendapatkan LOA dari lecturer KSU?

    Untuk TOEFL dan GRE apakah bisa disusulkan pada saat kita tiba di Saudi? Apakah TOEFL bisa digantikan dengan IELTS?

    Maaf terlalu panjang pertanyaannya, mohon kesediaan merespon.

    Jazakallah Khoiron,
    Irvan Hermala

    • Wa’alaikumsalam,
      1. Setahu saya blm ada mahasiswa indonesia di jurusan tsb.
      2. LOA hanya dari bagian penerimaan dari graduate studies. website: dgs.ksu.edu.sa email:dgsad@ksu.edu.sa
      3. Tidak ada LOA sebelum mengirimkan Toefl dan GRE
      4. TOEFL bisa diganti IELTS.

      Waiyyakum jazakumullahkhoir

  21. Bismillah,

    Afwan mau bertanya, saya tertarik untuk melanjutkan studi S2 di KSU, tapi basic saya dari kesehatan.

    DIII saya dari akademi kebidanan (negeri) kemudian melanjutkan S1 Fakultas Kesehatan Masyarakat UI peminatan kesehatan reproduksi.

    Apakah saya bisa apply beasiswa ke Department of Community Health Sciences KSU?
    atau mungkin antum punya referensi universitas disana yang menerima beasiswa sesuai dengan basic saya? Mohon informasinya….

    Jazaakumullahu khoyron

  22. Assalamu’alaikum…Maaf ustad mau bertnya.bagaimana kalau misalnya perempuan yang mau lanjut kuliah di KSU haruskah ditemani mahram yang dlm bentuk suami?tidak bisa mahram yang lain sperti ayah,adik,kakak,paman,dst?terimaksih atas jwabnnya ustd

  23. Pingback: Hay (District) Ummul Hamam, Riyadh | Sutrisno W. Ibrahim

  24. Mas maaf mau tanya lagi. Kalau di KSU, paling cepat kuliah S2 berapa tahun? Kalau saya ditargetkan kuliah 2 tahun apakah memungkinkan? Ada semester pendek atau semacamnya?

  25. Bismillah
    Assalaamu ‘alaikum akhii, Ahsanallaahu ilaikum.

    Ana ada beberapa prtanyaan, mohon infonya :
    1. Untuk kuliah s1 di KSU apakah ada jurusan syari’ahnya?
    2. Pengurusan berkas2 pendaftaraan mulai dari nol biasanya memerlukan waktu berapa lama?

    Jazaakumullaahu khairan

      • Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

        Alhamdulillah artikel ini sangat bermanfaat.
        Afwan, saya memiliki beberapa pertanyaan ttg ma’had lughah bahasa arab KSU:
        1. apakah pembukaannya setiap tahun?
        2. perkiraan pembukaan tahun 2016, kapankah waktunya?
        3. apakah ada batasan dalam usia, jenis kelamin, dan background pendidikan sebelumnya?
        4. Saya lulusan sarjana psikologi, umur 27 thn. Jika background sy tidak memenuhi persyaratan program bahasa Arab tsb, berapakah biaya jika kita mendaftar mandiri tanpa jalur beasiswa?

        Mohon informasinya, jazaakallahu khoiron katsiiron.

      • Wa’alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh.
        1. Iya
        2. sekitar agustus/sep
        3. kurang tahu persis
        4. kelihatannya tidak bisa. Seluruh mahasiswa asing lewat jalur beasiswa.

        Waiiyyakum jazakumullah

  26. Assalamualaikum..
    Baru-baru ini saya melihat ada beasiswa yang di selenggarakan oleh King Saud University.
    Monggo di cek http://www.bakkah.net/en/arabic-language-scholarships-available-at-king-saud-university-in-riyadh-2015-2016.htm

    Nah saya tertarik di option yang ketiga, mengingat bahwa beasiswa yang lain hanya untuk ikhwan, sedangkan di option yang ke3 akhwat dan ikhwan.

    Yang ingin saya tanyakan fasilitas apa yang diberikan oleh King Saud University untuk program diploma tersebut?
    Apakah sama atau tidak dengan yang admin paparkan di atas?

    Terima kasih banyak..
    Wassalamualaikum

  27. assalamualaikum ustaz
    nama ana rahmat, sekarang kelas 2 MAN, dan ana ada keinginan untuk nyambung kuliah ke ksu, ana pertannyaan ustaz
    1. apakah ada beasiswa s1 ke ksu jurusan management int?
    2. bahasa pengantar british/amerika?
    3. apa keunggulan ksu dari edukatifnya?
    syukron ustaz

  28. assalamualaiku
    ana pnya 2 pertanyaan :
    1-apakah bisa daftar S1 lughoh dengan cara murosalah…?
    2-ana baru knal mahasiswa di sana jurusan fisika,dia mau membantu mendaftarkan ana,di bilang berkas king saud cman butuh ijazah,nilai,paspor dan foto,tapi ana liat di situs berkasnya lebih dari itu,afwan tolong di jwb

  29. assalamualaikum
    ustadz ana wahyu ingin bertanya :
    a. untuk kuliah s2 ksu jurusan sastra arab, untuk meraih gelar master berapa tahun paling cepat, sedangkan s3 berapa tahun.
    b. apakah s2 di ksu jurusan sastra arab butuh toefl atau sejenisnya.
    syukron ustadz. mohon jawabannya.

    • Wa’alaikumsalam.
      a. Tergantung. Rata2 jurusan umum 3.5-4thn, jurusan agama 5-6thn. Untuk s3 lebih lama lagi.
      b. untuk s2 sastra arab tidak dibutuhkan setahu saya. Allahu A’lam

  30. Mas Sutrisno, bisa minta alamat emailnya. Saya ada pertanyaan terkait dengan cost of living di Riyadh jika kita membawa keluarga dan tidak diberikan tempat tinggal oleh KSU. Saya butuh komponen sewa rumah/ apartemen beserta fasilitas seperti furniture, elektronik, air, dan listrik. Selain itu saya juga butuh informasi biaya makan, transportasi, telekomunikasi harian, serta info biaya kebutuhan rumah tangga seperti pakaian, peralatan rumah tangga dan lain-lain. Itu jika dirata-rata sebulan berapa ya dengan tanggungan 1 istri dan 1 anak. Mohon penjelasannya via email. Email saya irvanhermala@gmail.com

  31. BismiLLah…
    Afwan ust, persyaratan Lanjut di KSU harus punya mahrom tetap, pertanyaan sy bgmna pihak universitas mengetahui kita bermahrom tetap atau tdk? Apakah persyaratan itu diperiksa pd aaat pendaftaran awaL atau seteLah LuLus berkas? JazakumuLahu khair

    • Terus terang saya tidak tahu persis hal ini. Kemungkinan saat pendaftaran diminta untuk melampirkan iqomah (semacam KTP) mahram yang sudah tinggal di Saudi. Setahu saya sampai saat ini jarang sekali/tidak ada mahasiswi dari Indonesia. Ada mahasiswi dari beberapa negara lain yang mana kebanyakan suami mereka telah lebih dulu kuliah disini lalu daftarkan istrinya.

  32. Pingback: Persiapan ke Saudi Arabia dan Daftar Ulang KSU | Sutrisno W. Ibrahim

  33. Assalamu’alaikum. Afwan mau tanya pak..
    1. Istri saya pengen kuliah S3 di luar negeri trus saya sarankan di King Saud saja biar saya bisa ikut kesana dan menimba ilmu agama disana. Apakah itu possible? trus kalau kita bawa anak bagaimana, apakah ada tempat untuk penitipan anak? atau pesantren?
    2. Kalau saya ikut kesana bagaimana chance bagi orang luar untuk mendapat pekerjaan disana?
    Wa’alaikumsalam wrwb

    • Wa’alaikumsalam. Kebanyakan disini yang kuliah suaminya, trus istrinya ikut. Kalau kebalikan saya belum tahu.

      Sebagian istri dan anak mahasiswa disini ikut sekolah diniyah (b.arab, tahfidz, dll).

  34. salamu’alaikum
    afwan, apa bedanya internal scholarship dan external scholarship pada bagian filling period di bawabatul qobul
    syukron
    wassalamu’alaikum

  35. Assalamu’alaikum, saya berencana s2 di ksu t. mesin, apakah ada mahasiswa indonesia yang sedang studi di t.mesin ksu? terimakasih

  36. Assalamualaikum ustadz, ana ada niat buat lanjutin S2 ke KSU, bagi tips dan apa saja yang harus ana persiapkan ustadz, Syukron
    Jazakumullah

  37. ustadz maaf …apakah kalo kita mau kuliah S1 di KSU..di wajibkan untuk mengikuti mahad lughoh
    klo wajib brp lama kita mengikuti mahad lughoh ?????syukron

  38. Kalau suami ingin s3 di ksu bila membawa keluarga apakah ada beasiswa tambahan dan utk asuransi kesehatan, sekolah anak ditanggung kah? Begitu jg utk tiket pp keluarga?

  39. assalamualaikum.

    saya mau nanya, apakah di king saud univ ini juga membuka beasiswa untuk s1? jika iya, saya mau tahu persyaratannya. jazakumullah.

    wassalamualaikum.

  40. Assalamu’alaykum warahmatullah..
    Saya berencana melanjutkan studi di ksu. Untk pendaftaran tahun ini dibuka kapan y pak? Boleh minta link pendaftarannya?
    Jazaakumullah khoir

  41. Assalamu’alaykum..
    Afwn, mw tanya.. Adakah info utk program master jursn desain pakaian dn tekstil di univrsits saudi? Bgmana syrat pgjuan beasiswanya..
    Jazaakallahu khoyr

  42. Assalamu’laikum,
    mau nanya pak. Kan di pendaftaran onlinenya disuruh isi 4 nama: First name, Father’s name, Grand father, dan Family name. Misal nama passport saya Abdul Haris Juhdi, isi di kolom namanya apa saja ya? terima kasih

  43. Pingback: Gambaran Umum, Persyaratan dan Prosedur Pendaftaran S1 di King Saud University, Riyadh – byanaqila

  44. Pingback: Gambaran Umum, Persyaratan dan Prosedur Pendaftaran S1 di King Saud University, Riyadh – PPMI Riyadh

  45. Pingback: All About Beasiswa S1 King Saud University (KSU), Riyadh-Arab Saudi - DuniaTimteng

  46. Pingback: Gambaran Umum, Persyaratan dan Prosedur Pendaftaran S1 di King Saud University, Riyadh

  47. Pingback: Gambaran Umum, Persyaratan dan Prosedur Pendaftaran S1 di King Saud University, Riyadh | kahfiNET

  48. assalamualakum pak, jika kita lulusan syariah di UIN, lalu mau nyambung s2 jursan keagamaan spertri syariah, ekonomi islam, dll. bsa nggak?? soalnya sya ada dpat info, ktanya lulusan LC di Al- Azhar lalu ingin nyambung s2 di arab saudi sperti UIM, tidak dterima, krena alsannya bda manhaj gitu,
    terimaksih
    wassalamualaikum

  49. Assalamualaikum Pak, saya mau bertanya, saya ingin sekali kuliah di KSU (UIM) untuk melanjutkan ke s2, sedangkan saya s1 Ilmu Komunikasi di UIN, saat ini saya sudah berumur 28 th. Apakah saya bisa masuk s2 syariah atau bahasa arab di KSU? bagaimna caranya Pak?
    Terima kasih..

  50. Assalamualaikum Pak, saya mau bertanya.
    Saya ingin melanjutkan kuliah s2 di KSU (UIM) prodi syariah atau bahasa arab (khususnya keagamaan), tap saya S1 jurusan ilmu komunikasi di UIN, saat ini saya berumur 28 th dan sudah menikah.
    Apakah saya bisa s2 sedangkan s1 tidak liner?
    Bagaimana caranya.

  51. Assalamu’alaikum,selamat sore pak mohon maaf saya ingin bertanya. Kalau jurusan engineering di KSU bidang spesifik apa yang menurut bapak paling menonjol? Dalam artian publikasinya utk dunia internasional paling diakui.

    Jazaakallahu khayran

  52. Bismillah, afwan akh untuk دبلوم الكفاية bisa jelaskan sedikit tentang programnya?
    Jazakallahu khoiron

  53. Mau tanya. Jurusan s1 ada ga ya? Trus pndftaran thun ini dibuka kapan? Sama, jasa terjemah ijazah ke bhs arab yg terpercaya dmn ya?

    • Copas dari status FB MAHASISWA.INDONESIA KSA(saudi):

      Info Pendaftaran Beasiswa Ma’had Lughoh King Saud Univeristy

      Ma’had lughoh KSU telah membuka pendaftaran beasiswa pendidikan bahasa arab untuk warga non-Saudi, dengan keterangan sebagai berikut :

      A. Waktu pendaftaran :
      07/10/1437 (12/07/2016) ~ 30/12/1437 (01/10/2016)
      http://news.ksu.edu.sa/ar/node/111655

      B. Website Pendaftaran :
      https://eservices.ksu.edu.sa/…/Publ…/AvailableVacancies.aspx

      C. Program yang dibuka adalah :

      1. Diploma Tinggi Pendidikan Bahasa Arab, program studi Bahasa Arab Terapan (kusus laki – laki).

      a. Persyaratan :
      – Mepunyai ijazah S1 program studi bahasa/sastra arab atau pendidikan bahasa arab dengan nilai jayyid jiddan.
      – Usia tidak lebih dari 35 tahun.
      – Mempunyai kesehatan dan kemampuan badan untuk menyelesaikan pendidikan.
      – Lulus ujian lisan tulisan dan interview.
      – Meluangkan waktu penuh untuk belajar.

      b. Berkas yang perlu disiapkan untuk mendaftar :
      – Foto copy ijazah.
      – Foto copy nilai.
      – Dua surat rekomendasi asli dari orang yang dikenal.
      – Foto copy surat kelakuan baik.
      – Foto copy surat keterangan sehat.
      – Foto copy passport.
      – Pas foto ukuran 4×6 sebanyak 3 buah.
      – Rekomendasi resmi dari negara pendaftar.
      – Alamat dalam bahasa inggris.

      2.. Diploma Tinggi Persiapan/Pelatihan Guru Bahasa Arab, program studi Persiapan/Pelatihan Guru (kusus laki – laki).

      a. Persyaratan :
      – Mepunyai ijazah S1 program studi bahasa/sastra arab atau pendidikan bahasa arab dengan nilai jayyid jiddan
      – Usia tidak lebih dari 40 tahun.
      – Mempunyai kesehatan dan kemampuan badan untuk menyelesaikan pendidikan.
      – Lulus ujian lisan tulisan dan interview.
      – Meluangkan waktu penuh untuk belajar.

      b. Berkas yang perlu disiapkan untuk mendaftar :
      – Foto copy ijazah.
      – Foto copy nilai.
      – Dua surat rekomendasi asli dari orang yang dikenal.
      – Foto copy surat kelakuan baik.
      – Foto copy surat keterangan sehat.
      – Foto copy passport.
      – Pas foto ukuran 4×6 sebanyak 3 buah.
      – Rekomendasi resmi dari negara pendaftar.
      – Alamat dalam bahasa inggris.

      3. Diploma Penuh (S1), program studi Bahasa dan Tsaqafah (laki – laki dan perempuan)

      a. Persyaratan :
      – Mepunyai ijazah SLTA tidak lebih dari 5 tahun setelah lulus, dengan nilai jayyid jiddan atau di atas 80.
      – Usia tidak lebih dari 25 tahun.
      – Mempunyai kesehatan dan kemampuan badan untuk menyelesaikan pendidikan.
      – Meluangkan waktu penuh untuk belajar.

      b. Berkas yang perlu disiapkan untuk mendaftar :
      – Foto copy ijazah.
      – Foto copy nilai.
      – Foto copy passport.
      – Pas foto ukuran 4×6.
      – Alamat dalam bahasa inggris.

  54. Pingback: 7 Kampus Termegah di Kerajaan Arab Saudi - DuniaTimteng

  55. Assalamualaikum kak, saya jurusan sejarah di unm makassar, yang ingin saya tanyakan,
    1. apakah jurusan sejarah s2 di pasca ksu masuk dalam pelajaran agama, karena persyaratannya berbeda dengan non-agama.
    2. apa pendaftaran s2 untuk jurusan sejarah juga sama dengan pendaftaran jurusan lainnya? makasih kak

    • Wa’alaikumsalam. Setahu saya jurusan sejarah bahasa pengantarnya b. Arab. Pendaftaran pasca sama dng yang lainnya. Hanya kurang tahu persis apakah dibuka untuk mahasiswa asing. Nanti bisa dicek di dgs.ksu.edu.sa

  56. Assalamualaikum Pak Sutrisno.. Alhamdulillah saya mendapatkan Letter of Acceptance dari KSU. Langkah selanjutnya bagaimana ya Pak? Bolehkah saya meminta nomor hape atau WA bapak untuk bertanya tanya? Jazakallahu khair.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s