Home » SaudiArabia » Seputar Pendaftaran S2&S3 di KSU

Seputar Pendaftaran S2&S3 di KSU

download2Bismillah,

Pada tulisan sebelumnya saya telah membahas sekilas tentang kuliah di King Saud University (KSU). Klik disini bagi yang belum baca, bagi yang ingin baca kembali juga tidak apa-apa. Kali ini saya ingin sedikit sharing pengalaman seputar pendaftaran di KSU, khususnya untuk program postgraduate (pascasarjana).

Sekilas Tentang Pendaftaran

Pendaftaran dapat dilakukan secara online lewat portal pendaftaran di www.dgs.ksu.edu.sa . Informasi pendaftaran, cara pendaftaran dan syarat-syarat dapat diperoleh dari portal tersebut. Sejauh yang saya ketahui KSU hanya melakukan seleksi berkas, tidak ada tes tulis maupun interview (Sangat mudah kan?). Pendaftaran dibuka setahun sekali, biasanya sekitar bulan November dan Desember (Mulai kuliah Agustus/September tahun berikutnya).

Pada tahun-tahun sebelumnya (sampai tahun 2010), pendaftaran dapat dilakukan dengan berkorespondensi dengan professor/dosen di jurusan yang dituju. Jika ada kecocokan dengan professor/dosen yang bersangkutan maka tinggal kirim berkas kepada mereka lewat email, lalu mereka yang akan memprosesnya ke bagian admission (pendaftaran). Saya sendiri pernah mengalami dua proses pendaftaran ini (pendaftaran S2 tahun 2010 dengan berkorespodensi dengan dosen di jurusan T. Elektro KSU, pendaftaran S3 secara online di akhir tahun 2012).

Jurusan yang Ditawarkan

Tidak setiap jurusan di KSU menawarkan progam S2 dan S3 untuk mahasiswa asing. Jurusan yang menawarkan program S2&S3 pun tidak setiap tahun membuka pendaftaran. Namun, secara umum hampir seluruh jurusan membuka pendaftaran program studi S2&S3 yang ia miliki. Daftar jurusan yang dibuka pendaftarannya dapat dilihat di https://dgs.ksu.edu.sa/Admin/AvailablePrograms.aspx . Untuk mendapat gambaran umum tentang jurusan/program studi yang ditawarkan bisa menuju website masing-masing jurusan (www.colleges.ksu.edu.sa). Contoh website jurusan teknik elektro klik disini.

Jurusan yang dibuka untuk perempuan juga bisa dilihat di http://womencampus.ksu.edu.sa/ (Arabic) . Kampus laki-laki dan perempuan terpisah. Disyaratkan ada mahram (Suami, bapak atau saudara laki-laki) yang tinggal di Saudi.

Syarat Pendaftaran

Secara umum pesyaratan yang dibutuhkan untuk pendaftaran adalah sebagai berikut,

Untuk program master/S2:

  1. Paspor
  2. Ijazah S1 dan Transkrip
  3. TOEFL, IELTS (Tergantung jurusan yang diambil)
  4. Rekomendasi dari 2 dosen

Untuk program doctoral/S3:

  1. Paspor
  2. Ijazah S2 dan Transkrip
  3. TOEFL iBT 61 (atau yang setara), IELTS 5, STEP 81 (STEP hanya ada di Saudi Arabia, diadakan oleh Qiyas)
  4. GRE (151 Quantitative Reasoning) atau test “Qudrat Jam’iyah” (Test ini hanya di Saudi Arabia, diadakan oleh Qiyas)
  5. Rekomendasi dari 3 dosen

Sepengetahuan saya untuk hasil tes bahasa Inggris (TOEFL,IELTS, GRE, dll) dapat dikirim menyusul lewat email meskipun deadline pendaftaran sudah habis. Namun perlu dicatat, segera kirim berkas tersebut karena berdasar info dari pengawai pendaftaran pascasarjana sekarang KSU tidak mengeluarkan surat penerimaan sementara. Jadi jika syarat-syarat tidak lengkap (termasuk hasil tes TOEFL/GRE) maka tidak ada surat penerimaan. Hal ini berbeda dengan KFUPM yang menerapkan “Penerimaan Bersyarat” yang mana hasil tes tersebut bisa menyusul dikirim jika sudah dinyatakan diterima. Lebih lanjut syarat-syarat dapat dilihat di: http://ksu.edu.sa/sites/KSUArabic/Deanships/Grad/programs/Pages/programs00.aspx (dalam bahasa Arab). Tetapi saya lihat beberapa persyaratan yang ada tidak update sesuai yang diterapkan sekarang.

Untuk jurusan agama juga diminta Toefl, dan GRE atau tes Qudrat Jami’ah (agak aneh kan?)

UntitledCara Pendaftaran

Sebelum mendaftar secara online pastikan Anda sudah membaca petunjuk pendaftaran (http://ksu.edu.sa/Deanships/DeanshipofGraduateStudies/Documents/RegistrationManual.pdf).  Langkah pertama adalah membuat account di portal pendaftaran (klik bagian “New Student Registration” untuk membuat account baru). Setelah memiliki account Anda bisa login dan mulai mengisi form yang ada. Anda akan diminta mengupload berkas-berkas yang dibutuhkan (paspor, ijazah, transkrip, hasil tes Toefl, dll).

Secara umum form pendaftaran berisi hal-hal berikut:

1. Student’s basic information (Informasi tentang pendaftar)

2. Type of study and academic degree (Program yang mau diambil. Pilih ‘Normal’ lalu pilih Master/PhD. Untuk jenis scholarshipnya pilih “External Scholarship”)

3. Basic requirements (Informasi tambahan tentang Anda)

4. Experience information (Toefl, GRE, dll) (Bisa dilewati, tetapi hendaknya segera dikirim)

5. Whom to contact in emergencies (CP saat darurat)

6. University degree information (Ijazah Anda sebelumnya)

7. Information on recommendation letters (Rekomendasi bisa online bisa lewat scan)

8. Selecting the discipline desired (Jurusan yang akan Anda daftari)

9. Sending the application

10. Exit.

Setelah selesai mengisi form pendaftaran Anda memili dua pilihan: sent (kirim) atau preview (lihat kembali). Jika Anda telah yakin mengisi seluruh informasi yang dibutuhkan maka pilih sent, jika masih ragu cek kembali dengan klik preview. Sebagai catatan penting, Anda dapat mengupdate applikasi/data yang telah dikirim sampai batas akhir masa pendaftaran.

 Catatan Tentang Penulisan Nama

Sebelumnya perlu diketahui bahwa jika pergi ke Saudi Arabia disyaratkan nama di pasport minimal 3 suku kata. Jika nama asli kurang dari 3 suku kata maka bisa minta ke kantor Imigrasi untuk penambahan nama. Contoh nama lengkap saya hanya satu suku kata: Sutrisno, lalu saya meminta ke kantor Imigrasi (Surabaya) untuk melakukan penambahan nama sehingga menjadi Sutrisno Warsono Ibrahim (Dimana Warsono adalah nama bapak saya, sedang Ibrahim adalah nama kakek saya).

Berkaitan dengan pendaftaran online KSU, pada bagian “Student’s basic information” di situ diminta menuliskan nama lengkap. Ada 4 kolom (Firstname, father, grandfather and family). Jika paspor Anda sudah terdiri dari 3 suku kata maka tinggal tulis ulang saja suku kata keempat. Contoh: Sutrisno Warsono Ibrahim Ibrahim. Jika nama anda 4 suku kata atau lebih maka tulis 3 suku kata yang awal dan terakhir.

Tentang Surat Rekomendasi

Untuk program master disyaratkan 2 surat rekomendasi, sedang untuk doktor disyaratkan 3 rekomendasi. Pemberi rekomendasi biasanya disyaratkan adalah dosen yang telah mengajar Anda sebelumnya (misal dosen di S1 atau pembimbing). Ada dua cara untuk surat rekomendasi: paper dan online.  Untuk cara pertama, surat rekomendasi ditulis seperti biasa oleh dosen pemberi rekomendasi (bisa juga kita yang nulis), lalu dia tanda tangani. Setelah itu kita scan dan upload ke portal pendaftaran. Format surat rekomendasi terserah (Lebih lanjut tentang membuat surat rekomendasi bisa dibaca di:http://www.wikihow.com/Write-a-Letter-of-Recommendation). Adapun cara kedua, yaitu secara online. Anda cukup mengetikan email dosen Anda yang akan Anda mintai untuk memberi rekomendasi. KSU secara otomatis akan mengirimkan form rekomendasi ke email beliau untuk beliau isi. Lalu beliau diminta untuk mengupload form yang telah diisi (KSU akan memberitahu dosen yang bersangkutan teknis menguploadnya).

Tips dan Saran bagi Pendaftar

  1. Banyak mencari informasi (terutama lewat website)
  2. Tanya-tanya kenalan di KSU (Namun hendaknya kita menjaga etika dalam bertanya, jangan selalu mengejar dengan berbagai pertanyaan. Hendaknya kita aktif mencari informasi lewat website dan yang lainnya, jika ada yang kurang jelas baru tanya)
  3. Berusaha maksimal (Contohnya selalu mencari update informasi, segera buat paspor, tes TOEFL/GRE jika memang memungkinkan, dll)
  4. Sharing dengan sesama pendaftar (ini sangat penting)
  5. Persiapan dana (Setidaknya kita akan keluar uang untuk urusan administrasi visa, beli tiket, pegangan selama di Saudi Arabia sampai beasiswa turun, dll. Biaya ganti tiket dapat diurus sesampai di Saudi nantinya)
  6. Banyak berdoa dan Sabar (kadang kala proses/progress pendaftaran tidak jelas)

Pengumuman diterima atau tidak akan disampaikan lewat email. Biasanya agak lama prosesnya. Jika butuh info lebih lanjut bisa kontak bagian pendaftaran Pascasarjana KSU: www.graduatestudies.ksu.edu.sa / dgsad@ksu.edu.sa

Sekian dahulu yang dapat saya tulis, semoga tulisan ini bermanfaat. Mungkin ada sebagian kata yang salah ketik karena nulisnya agak terburu-buru. Insyaallah tulisan ini akan saya update.

Sutrisno W. Ibrahim. Riyadh, 30 Oktober 2013. [update: 8 Des 2014]

www.sutrisnolink.wordpress.com

Disclaimer:   Tulisan ditulis berdasar pengalaman dan informasi yang saya miliki. Mungkin sebagian ketentuan telah berubah. Berusahalah mencari informasi yang sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber agar mendapat informasi yang update dan akurat. 

99 thoughts on “Seputar Pendaftaran S2&S3 di KSU

  1. Assalaamu’alaikum,
    Semoga antum dalam keadaan sehat. Sedikit pesan kami lewat antum untuk teman2 yang menempuh pendidikan diniyyah khususnya dan secara umum yang berasal dari Indonesia, hendaknya ada niat di hati para penuntut ilmu untuk menebar manfaat ilmunya ke bumi indonesia yang berada di lokasi terpencil atau sangat minim da’wah, tidak hanya berkutat di perkotaan dan kawasan yang telah banyak da’i. Banyak sekali saudara kita yang selama hidupnya tidak mengenal sunnah karena tidak ada yang mengajarkannya. Yang mereka kenal adalah apa yang telah dibawa oleh da’i yang mau masuk ke daerah mereka walaupun hakikatnya tidak berjalan di atas sunnah. Tapi tentunya mereka tidak tahu mana yang sunnah mana yang tidak. Maka tatkala sebagian dari saudara kita yang mengenal sunnah kemudian hanya bisa berkata “mereka melakukan bid’ah” atau perkataan sejenisnya, maka bagaimana menjawab pertanyaan “kalau memang begitu kondisi masyarakat, apa langkah nyata yang ditempuh oleh mereka yang telah mengenal sunnah untuk menyampaikan kebenaran kepada saudara-saudaranya di pelosok dan tidak hanya pandai menilai dan menuduh?” Semoga para penuntut ilmu terutama di KSA yang diberi berbagai fasilitas lengkap selama belajar, selalu ingat dengan sebagian besar saudara-saudara mereka di pelosok nusantara yang tidak pernah mendapat siraman kebenaran dan bahkan terkadang kebutuhan pokok mereka sangat sulit. Bantulah mereka dengan ceramah dan amal sosial agar dapat meneladani sebaik-baik manusia, Nabi Muhammad shollollohu ‘Alaihi Wa Sallam. Semua ni’mat akan ditanya oleh Alloh.
    Barokallohu fiikum

    • Wa’alaikumsalam,

      Barakallahufikum. semoga Allah memudahkan kita semua untuk berbuat kebaikan, terutama untuk belajar dan mengajarkan ilmu. Allah berfirman,

      وَمَا كَانَ الْمُؤْمِنُونَ لِيَنفِرُواْ كَآفَّةً فَلَوْلاَ نَفَرَ مِن كُلِّ فِرْقَةٍ مِّنْهُمْ طَآئِفَةٌ لِّيَتَفَقَّهُواْ فِي الدِّينِ وَلِيُنذِرُواْ قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُواْ إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ

      Tidak sepatutnya bagi mu’minin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya. (QS At Taubah: 122)

  2. Assalamu’alaykum.
    Smg info yg Bpk berikn mjd amal sholeh.
    bdsrkan dok. yg sy unduh dr web, apkh di engineering dept. mmg tdk dbuka kls unt female? Namun unt soil science ‘all qualified students’ apkh ini brarti female bs apply? Ktny klo di KAUST tdk ad pembtasn unt lk2/prmpuan, bgimana dg culture d KSU? trimksh. wssalm

  3. Pingback: – Pendaftaran Pascasarjana (berbeasiswa) di King Saud University (KSU)

  4. Pingback: Sekilas Tentang Kuliah di KSU | Sutrisno W. Ibrahim

  5. Assalamualaykum pak sutrisno,

    per 17 nov, aplikasi pendaftaran sudah bisa diakses, tapi saya masih kekurangan beberapa dokumen, Tgl berapa ya penutupannya? (maaf saya tidak bisa baca Arab).

  6. Pak, Jazakallah atas informasinya. Sangat bermanfaat terutama bagi saya yang sangat berminat menimba ilmu di KSU. Saya juga sedang apply S2 di KSU utk electrical engineering (power system). Apakah ada syarat tambahan untuk jurusan ini? Syukron.

  7. Dear Brother,
    Assalam Alaikum,
    My application was selected for PhD at Computer Science Dept. last year but they have not called yet.
    How would I know whether i was selected for pure student cateogary or as a researcher.Is the scholarship enough for keeping family in saudi arabia

    • Dear,

      Wa’alaikomsalam,

      The major problem is that the admission process is too slow. To issue student visa, the university should receive an approval from the Ministry of Higher Education (this that sometimes takes long time).

      Later, if they send you only the acceptance for PhD that mean you are accepted as pure student. Otherwise, they will send also a ‘contract’ as researcher.

      May Allah make it easy for you.

  8. aslmlkm mas,
    saya sedang mendaftar di KSU program s3 teknik mesin, apakah ada dosen teknik mesin yg anda rekomendasikan untuk bahan penelitian study s3 bidang konversi energi kebetulan s2 saya dari heat & mass transfer, terima kasih atas bantuannya, wslmlkm

  9. Assalamualaikum
    Im applying to this university for Master’s program, on the application page its asking me “hand the work of the testator” on the recommender’s information page, pls let me know what should I fill in it. Thnx in advance..!!

    • Wa’alaikomsalam,

      Yes, that part is not clear. They want to say “Please write the job of the recommender”. Maybe their translation from Arabic to English is incorrect.

      May Allah help you

  10. maaf, mau tanya tentang document undergraduate dan examinations certificates, itu maksudnya apa ya? ijazah bukan, terus satunya apa?

    jazakallah khairan

  11. Assalamualaikum
    Alhamdulillah saya sudah sent applicationx….
    pada saat di halaman pengiriman, ada dua pilihanx tuh, ‘send’ dan ‘print’. saya pilih send dan akhirx terkirim, trus ketika sy mau print tp pilihan ‘print’ udah ga ada dan kotak application yg ketika muncul dua pilihan itu juga udah ga ada….
    gimana saya printx yah?

    • Wa’alaikumsalam,
      Sdh dapat email notifikasi (yg berisi nomor registrasi)blm?
      seperti ini emailnya…

      King Saud University
      Deanship of Higher Education
      E-Application for Graduates Admission
      The application was sent to the responsible department
      Name : xxxxxx xxxxx xxxxxx
      Application Number : 1434-xxxx
      Study Type : Normal
      Scientific degree : PHD
      ….

      Hemat saya, tidak usah diprint. Yang penting disimpan username, password dan application numbernya.

  12. Asak Brother!
    Good work may Allah(SWT) reward you.
    1.Could you tell me how long does it take to join KSU after getting acceptance letter.
    2.How long does it take to bring family after we get there.
    3.I had applied through online application, could I get researcher + student grade.How did you get researcher grade.I just know that my application is accepted.

    jazakallah khair

    • Wa’alaikomsalam,
      dear,
      1.After you got the acceptance, just wait for the calling visa. Once, you get the calling visa then you can process your visa in the Saudi Embassy in your country. Then, you will be able to travel to Saudi and join KSU.
      2. At least 1 semester. The GPA should be at least 4.5(out of 5) to be able to bring family.
      3. Sorry, your question is not clear.

      Waiyyaka jazakumullah

      • Jazakallu khair for the reply brother
        I just wanted to ask weather researcher cateogary is open for online application.How can I get resercher contract.

  13. Assalamualaikum,
    iya, Alhamdulillah saya sudah dapat email notifikasinya…..

    anw kapan biasanya notifikasi selanjutnya akan diberikan untuk mengetahui diterima atau tdk diterimanya di ksu yah ??

  14. Dear Brother,
    How does KSU decide that we join as student or a researcher.Is there any other application or the same online application.

  15. Brother Assalamalikum!
    The ministry of Higher Education is taking too long to approve applications.Its already more than an year,I think the session starts at the end of January, so how will KSU call international students at a short notice

  16. Assalamualaikum
    bingung nih brother, apa yg harus sy lakukan atau tunggu lagi sekarang setelah bulan lalu udah daftar di ksu truz dapet notifikasi by email yg isinya ada no.registrasix ?????

  17. Assalamualaikum
    Bagaimana bila saya telah lulus S1 dari salah satu perguruan tinggi di Indonesia, kemudian saya mempersiapkan bahasa Arab dan Inggris kurang lebih 1 tahun, baru kemudian mendaftar ke KSU ?
    Apakah hal ini diperkenankan ?
    Bagaimana meminta rekomendasi dosen nantinya karena sudah lulus ?
    Syukron

    • Wa’alaikumsalam. Insyaallah bisa.

      Meminta saja lebih awal rekomendasinya setelah/menjelang kelulusan, dan dibuat general. Diawal rekomendasi ditulis saja “To whom it may concern”.

  18. Dear Brother Assalamalikum!
    What is the total amount of scholarship for international PhD student please clarify.

  19. Dear Brother Assalamalikum!

    What is the total amount of scholarship for international PhD student please clarify.

    Brother can PhD student become research assistant after joining KSU and what extra can he earn.

    Jazakallah Khair,

  20. When you are applying for PhD, automatically you are applying for research assistant. The decision whether you are accepted as pure student or research assistant is depend on the university.

  21. Assalamualaikum,

    Akhi.. ana beserta suami memiliki background ilmu non-islam (psikologi), namun sejak kami mendapat hidayah, kami ingin mendalami ilmu islam lebih dalam lagi. untuk itu kami ingin mencari beasiswa studi islam non-syariat (bahasa arab/ sejarah islam) apakah bisa? karena untuk jurusan studi islam syariah kami sadar, tidak memenuhi syarat, baik dari background maupun hafalan.

    Lalu berapakah batasan umurnya, ana 26 sementara suami 27..

    Jazakallah khoir untuk bantuan informasnya

  22. assalamu’alaikum

    mohon maaf sebelumnya,
    pendaftaran KSU tahun ini mulai bulan berapa?
    dan apakah persyaratan pendaftarannya akan berubah signifikan (Ex: TOEFL/IELTS score) dari tahun sebelumnya?

    jazakAllah khair atas perhatiannya

  23. assalaamu’alaikum
    mas mau tanya apakah saat pendaftaaran ada isian utk deskirpsi mengenai “diri kita”; “mengapa memilih jrusan tsb”, “apa kontribusimu” dan sejenis seperti itu, seperti motivation letter juga? jika iya dapat kita persiapkan sedini mungkin.
    Begitu pertanyaan saya, terimkasih sebelumnya

    jazzakallhu khoyran

  24. assalàmu’alaikum..
    klo unt akhwat bs ga akh?
    n jurusan kesehata ada ga y?
    soalny web ny ga bs dbuka2 erorr terus..
    syukran akh…

  25. Afwan ust, mau nanya nih, apa surat keterangan sehat yg dmaksud dalam syarat pendaftaran S2 pada program pengajaran bhs arab di ksu harus dari dr RS atau boleh dari dr di puskesmas wassalam

  26. Pingback: Pendaftaran Pascasarjana KSU dimulai 23 Nov 2014 | Sutrisno W. Ibrahim

  27. Assalamualaikum, yth abu zakariya. Kami admin di situs ikpmmadinah.com yang memuat info dan berita tentang studi di kota Madinah secara khusus dan KSA secara umum. Di website kami baru ada profil dan tatacara pendaftaran di kampus Univ. Islam Madinah saja.

    Kalau antum berkenan, kami mau memuat artikel antum ini di website kami, mengingat banyaknya pembaca yang menanyakan info tentang studi di kampus2 KSA selain UIM. Baarakallah fiikum

  28. Bismillah, Akh, jurusan pendidikan KSU kan salah satu syaratnya minimal punya pengalaman praktek 2 tahun, kalau baru lulus dan ingin daftar jurusan pendidikannya itu gimana akh, dan ana lihat tidak ada permintaan bukti pengalaman praktek ngajar. Mohon penjelasannya Akh. Jazzakallah

  29. Assalamu’alaikum.. Jazakallah khoir atas informasinya.. Pak, afwan saya mau tanya, saya pernah daftar s2 jurusan diniyah pada tahun 2013 dan sampai sekarang saya belum tahu pengumumannya kapan.. Kalo misalkan tahun ini daftar lagi bagaimana menurut antum?

  30. Assalamu’alaikum, Semoga Allah menjaga Mas Abu Zakaria…

    Mas, saya ingin mencoba daftar S2 di King Saud, namun S1 saya dari jurusan Sastra Arab, dan baru lulus kemarin, sedangkan S2 Pengajaran Bahasa Arab pendaftarannya sudah tutup bulan oktober kemarin. Jadi apa saran mas bagi saya, apakah saya mendaftar jurusan S2 sejarah Islam, atau S2 Studi Islam, mengingat S1 satu saya Sastra Arab, ataukah saya harus menunggu tahun 2015, oktober depan, agar saya bisa mendaftar S2 Ma’had Lughoh?

    Mohon penjelasannya, Mas..
    Jazakallah khairan katsiiran…

    • Wa’alaikumsalam. Semoga Allah memberi kemudahan.
      Saran saya selama bisa daftar, daftar saja sekarang. Pengumumannya biasanya agak lama. Nanti jika belum diterima daftar diplome lughah tahun depan.

  31. Pingback: Persiapan ke Saudi Arabia dan Daftar Ulang KSU | Sutrisno W. Ibrahim

  32. Saya sudah beberapa kali mencoba, tetapi selalu gagal. Terutama di bagian study and degree to apply, tidak bisa di save atau next. Apakah ada batasan usia sehingga pengaruh ke langkah selanjutanya?

  33. Assalamu/alaykum Ustadz,
    Terkait dengan nilai tes TOEFL apakah bisa disusulkan? untuk batas akhir dalam menyusulkan nilai tes TOEFL itu kapan ya? dan untuk TOEFLnya jenis apa tadz? mohon informasi, jazakallah khair

    • Wa’alaikumsalam,Sepengetahuan saya untuk hasil tes bahasa Inggris (TOEFL,IELTS, GRE, dll) dapat dikirim menyusul lewat email meskipun deadline pendaftaran sudah habis. Namun perlu dicatat, segera kirim berkas tersebut karena berdasar info dari pengawai pendaftaran pascasarjana sekarang KSU tidak mengeluarkan surat penerimaan sementara. Jadi jika syarat-syarat tidak lengkap (termasuk hasil tes TOEFL/GRE) maka tidak ada surat penerimaan.

      Toefl resmi seperti iBT, lihat http://www.ets.org/toefl

  34. Assalam.ustadz, sy adi, sy lulusan FISIP UIN Syarif Hidayatullah jakarta.sy mau mendaftar s2 political science KSU.ada bbrapa hal yg ingin sy tanyakan:
    1. sy hanya punya TOEFL ITP dr ETS dg skor 560,apakah sy harus mengirimkan hasil GRE?karena sy blm pernah tes GRE
    2.deadline KSU adalah 3 januari 2015,kemudian berapa lama saya menunggu untuk mengetahui sy diterima/tidak?
    3.kira2 poin apa yg menjadi penilaian utama agar lolos?apakah Toef;/IPK/statement of purpose?

    Thank you in advance akhi

  35. Ustadz, ana sudah mengirim berkas melalui pendaftaran online dan sudah menerima konfirmasi bahwa berkas sudah diteruskan kepada departemen terkait, setelah tahap tersebut apa yang harus ana lakukan ya tadz? kalau dari website ada keterangan untuk memantau “my application”, akan tetapi pada tampilan “my application” punya ana hanya ada button “all” dan “detail” saja, padahal di buku panduan harusnya ada “refresh data” dan “print apllication”, kira-kira solusinya bagaimana ya tadz? ana tanyakan via email ke admin tidak juga dibalas, mohon bimbingan

  36. Assalaamu’alaykum. Terima kasih atas info nya.
    Mohon maaf, mau nanya,
    Untuk tahun ini pembukaan pendaftaran masih di bulan yang sama kah (nov/des 2015)?
    Untuk female apa persyaratan harus punya mahram disana tidak ada perubahan? kalau tidak ada mahram apa ada solusinya? mislanya ada teman atau saudara tp bukan mahram?

  37. apakah info masuk untuk ke KSU sama seperti di atas, atau ada perubahan?

    biasanya daftar pada bulan apa?

  38. Pingback: Pendaftaran Pascasarjana KSU Dibuka 14 Desember 2015 | Sutrisno W. Ibrahim

  39. assalamu’alaikumwarohmatullooh

    saya mau tanya kalau umur sudah lebih dari 35 apakah bisa untuk daftar program PhD terima kasih

  40. Assalamu’alaikum pak, saya mau bertanya,
    di website pendaftarannya, saya diharuskan mengisi 4 nama: First name, Father’s name, Grand father, dan Family name.
    Kalau nama passport saya Abdul Haris Juhdi, bagaimana pengisian yang benar di website tersebut?

    Trims.

  41. Wa’alaikumsalam. Itu dipostingan diatas sudah saya berikan contoh.

    Catatan Tentang Penulisan Nama

    Sebelumnya perlu diketahui bahwa jika pergi ke Saudi Arabia disyaratkan nama di pasport minimal 3 suku kata. Jika nama asli kurang dari 3 suku kata maka bisa minta ke kantor Imigrasi untuk penambahan nama. Contoh nama lengkap saya hanya satu suku kata: Sutrisno, lalu saya meminta ke kantor Imigrasi (Surabaya) untuk melakukan penambahan nama sehingga menjadi Sutrisno Warsono Ibrahim (Dimana Warsono adalah nama bapak saya, sedang Ibrahim adalah nama kakek saya).

    Berkaitan dengan pendaftaran online KSU, pada bagian “Student’s basic information” di situ diminta menuliskan nama lengkap. Ada 4 kolom (Firstname, father, grandfather and family). Jika paspor Anda sudah terdiri dari 3 suku kata maka tinggal tulis ulang saja suku kata keempat. Contoh: Sutrisno Warsono Ibrahim Ibrahim. Jika nama anda 4 suku kata atau lebih maka tulis 3 suku kata yang awal dan terakhir.

  42. Pingback: Persyaratan dan Prosedur Pendaftaran KSU (S2 dan S3) – PPMI Riyadh

  43. Assalamu’alaikum warrahmatullahi wa barakatuh…

    Mau tanya, apakah untuk mahasiswa asing bisa mengambil S1 di King Saud University? Jazakallahu khairan…

  44. السلام عليكم و رحمة الله و بركته…

    Mau nanya, untuk mahasiswa asing, bisakah S1 di King Saud University???

    Mohon penjelasannya, jazakallahu khairan.

  45. Assalamualaikum, ane ada beberapa pertanyaan ini bang yang belum nemu jawabannya.
    1. Apakah seleksinya cukup ketat?
    2. Untuk Riyadh sendiri ada beberapa kampus ya, yang menawarkan Magister / S2?
    3. Kakak saya tinggal di Riyadh, saya berencana tinggal dengan kakak saya dan tidak tinggal di Asrama apakah itu bisa?
    4. Untuk English saya bisa dikatakan cukup lemah, namun arab saya sangat bagus, apakah saya harus memperbaiki bahasa English saya, karena seperti yang abang bilang ada test TOEFL
    5. JIka saya kuliah sambil kerja apakah itu bisa?

    Makasih banyak bang sudah mau menjawab pertanyaan ane.

    • Wa’alaikumsalam.
      1. Kalau ketatnya kurang tahu, tetapi cukup lama prosesnya.
      2. KSU, Jami’atul imam
      3. Keliahatannya bisa. Tetapi asrama gratis juga.
      4. Iya, perlu TOEFL
      5. Secara aturan tidak boleh.

      Semoga Allah memberi kemudahan

  46. Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    Afwan bagaimana jika pendidikan terakhir kita master, apa boleh ambil beasiswa master lagi dengan jurusan yang berbeda?

    Syukron

  47. Asslammualaikum,
    saya Trisno, kak kira2 jurusan food science di KSU dibuka untuk umum ngak?
    kak bleh mnta link mahasiswa indo di saudi(KSU,QOSSIM,UAEU) kalau ada, saya niat banget kuliah s2 di arab InsyaAllah banyak barokahnya,

  48. Assalamualaikum Pak, saya ingin bertanya, Apakah saya bisa melanjutkan s2 jurusan syariah atau keagamaan di KSU? sedangkan saya latar belakang s1 ilmu Komunikasi.

    Apakah bisa ambil beasiswa S1 kalau umur sdh 28 th?
    Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s