Home » General Info » Proses Pembuatan SIM Mobil di Saudi

Proses Pembuatan SIM Mobil di Saudi

downloadAlhamdulillah, setelah melakukan ‘perjuangan’ akhirnya dapat juga SIM mobil di Saudi Arabia. Berikut ini catatan singkat tentang proses pembuatan SIM yang saya lalui. Saya membuat SIM (driving license) di dallah (driving school) Takhasusi, Riyadh. Sebelumnya saya sudah memiliki SIM A dari Indonesia.

1. Siapkan berkas yang dibutuhkan.

Berkas yang dibutuhkan adalah:

–          1lbr fotocopy iqama, paspor, SIM Indonesia

–          Hasil test golongan darah dan test mata

–          Surat keterangan dari kafil/majikan (kalau saya dari kampus)

–          Foto 6 lembar

–          Translate SIM Indonesia ke bahasa Arab

–          Form pengajuan SIM

–          Seluruh berkas dimasukan map hijau (Translate, form pengajuan dan map hijau bisa didapatkan di depan Dallah)

2. Datang ke Dallah

Usahakan datang pagi-pagi. Begitu sampai terus menuju Hall 2 untuk cap berkas. Biasanya Hall ini sangat ramai karena digunakan untuk cap, pembayaran dan pengecekan dll. Kita hanya minta cap saja.

3. Test mengemudi tahap 1: Placement test

Setelah dapat cap langsung menuju hall 4 untuk test tahap pertama. Test tahap awal ini hanya mengemudi maju mundur atau mutar. Ini adalah placement test (semacam test penempatan), jika tidak lulus maka harus ikut kursus nyetir dahulu.

4. Pengecekan berkas dan SIM sebelumnya

Jika lulus tahap pertama (berkas kita ditandai huruf Alif) lalu menuju Hall 2 lagi untuk pengecekan SIM. Disini kita antri di tempat duduk yang telah disediakan.

5. Membayar uang kursus

Setelah pengecekan lalu membayar uang kursus rambu-rambu sebesar 100 SAR (jika gagal test placement maka bayar uang kursus nyetir sekitar 400-an). Sebelumnya ambil dulu nomor antrian. Setelah membayar berkas akan diambil dan kita diberi kuitansi. Dikuitansi  tertulis tanggal ikut kursus rambu-rambunya (milik saya 3 pekan setelahnya).

6. Ikut kursus rambu-rambu

Saudi Driving Licence Traffic SignsDatang ke Dallah lagi sesuai jadwal di kuitansi trus menuju tempat training (Hall 6). Jadwal saya sore hari habis ashar. Disini ada akan diberi kursus singkat tentang rambu-rambu di Saudi. Setelah selesai kita akan diberi selebaran berisi pentunjuk rambu-rambu yang bisa kita bawa pulang untuk dipelajari (lihat gambar).  Setelah itu kita akan dibawa ke lapangan untuk ditunjukkan sekilas tentang lokasi test.

7. Ikut test computer

Keesokan harinya kita datang kembali ke Dallah untuk ikut test yang sebenarnya. Tempat test computer dan test mengemudi ada di lapangan (masuk lewat Hall 4). Datang pagi-pagi (sebelum jam 7). Pertama kali test computer. Kita bisa milih beberapa bahasa untuk test (Arabic, Urdhu, English, Indonesia, dll). Saya pilih pakai bahasa Inggris karena kalau pakai bahasa Indonesia/Melayu malah membingungkan terjemahannya.

8. Test Mengemudi

Setelah selesai test computer lalu test mengemudi. Untuk test mengemudi sebenarnya ada dua bagian: test  nyetir di halaman/area test dan test nyetir diluar/jalanan. Tetapi biasanya hanya salah satu yang di testkan karena banyaknya peserta test dan jumlah polisi yang mengetes terbatas. Untuk test yang di halaman/area test kita hanya sedirian di mobil, polisi hanya melihat dari ruangan yang berkaca. Yang paling sulit test di halaman/area test ini adalah parkir parallel. Enaknya kita sendirian di mobil, jadi kalau buat sedikit kesalahan tidak ada yang tahu. Adapun untuk test yang keluar/di jalanan maka biasanya rombongan (gantian) dan polisi yang mengetest duduk di dekat sopir. Biasanya untuk test ini peserta grogi dan kalau buat sedikit kesalahan ketahuan oleh polisi. Tetapi enaknya tidak ada test parkir paralel.

Saya dapat bagian yang kedua (test keluar/jalanan), alhamdulillah lolos. Jika tidak lolos maka bisa mengulang pekan depannya lagi. Ada tiga kali kesempatan mengulang. Jika tetap gagal maka pada kesempatan ke-empat harus membayar 50 SAR lagi. Jika gagal lagi maka harus ikut kursus nyetir dahulu.

9. Mengambil Sim

Jika lolos semua test lalu ambil berkas di dekat tempat test computer. Lalu bawa berkas ke Hall 1 untuk print SIM. Sebelumnya kita harus bayar biaya pembuatan SIM (bisa lewat Bank atau agen di sekitar Dallah).

Biaya pembuatan SIM:

SIM berjangka 2 tahun: 80 SAR

SIM berjangka 5 tahun: 200 SAR

SIM berjangka 10 tahun: 400 SAR

Selesai…

Ini dulu yang bisa saya tulis. Jika ada informasi yang salah atau kurang insyaallah saya update.

Sutrisno W. Ibrahim. Riyadh, 25/12/2013.

– –

Tambahan info: untuk mengecek harga mobil second (used cars)  bisa dilihat di http://www.expatriates.com/classifieds/saudi/vehicles/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s