Home » SaudiArabia » Persiapan ke Saudi Arabia dan Daftar Ulang KSU

Persiapan ke Saudi Arabia dan Daftar Ulang KSU

KSU_Blue_LogoBismillah,

Tulisan berikut akan membahas singkat tentang proses keberangkatan ke Saudi Arabia dan daftar ulang ke King Saud University (KSU). Baca tulisan sebelumnya tentang kuliah di KSU dan pendaftaran KSU. Sebelumnya perlu diketahui bahwa proses pendaftaran KSU biasanya agak lama. Dari pendaftaran sampai dinyatakan diterima bisa sampai 2 tahun. Lama bukan?? Tetapi ada juga yang prosesnya hanya beberapa bulan.

Setelah Anda dinyatakan diterima KSU maka email Anda akan dikirimi surat pertanyaan diterima (letter of acceptance (LoA) atau إشعار قبول). Ada dua kemungkinan Anda diterima di KSU: diterima sebagai mahasiswa murni (pure student) atau sebagai mahasiswa+peneliti (Reseacher A/B). Kalau Anda hanya dapat surat pernyataan diterima (sebagai mahasiswa) maka statusnya sebagai mahasiswa murni. Jika Anda juga dikirimi keterangan kontrak kerja maka statusnya sebagai mahasiswa+peneliti. Hanya saja akhir-akhir kebanyakan yang diterima KSU bertatus mahasiswa murni.  Agar lebih jelas, berikut ini saya beri contoh suratnya.

Surat Keterangan diterima (LoA):

LoA

Surat keterangan kontrak:

kontrak

 

Secara umum proses keberangkatan ke Saudi dan daftar ulang kedua status mahasiswa diatas tidak jauh beda. Hanya saja untuk mahasiswa murni biasanya dibantu oleh unit khusus mahasiswa asing (Foreign Student Administration/Idaroh Minah) seperti dibelikan tiket, dijemput dibandara, dll. Berikut tahapan keberangkatan dan penjelasan singkatnya,

  1. Ambil keputusan

Setelah mendapat surat penerimaan hal pertama yang Anda lakukan adalah membuat keputusan untuk mengambil beasiswa tersebut atau tidak. Diskusi dengan orang-orang dekat Anda. Jangan lupa sholat istikharah dahulu agar Allah memberi pilihan terbaik. Setelah mantab untuk mengambil tawaran beasiswanya maka segera susun agenda untuk urus visa, tiket, dll. Jangan lupa untuk menghubungi teman-teman Indonesia yang telah lebih dulu di KSU untuk mendapat arahan. (Group FB khusus mahasiswa Indonesia di KSU). Cari info juga teman-teman yang lain yang diterima KSU sehingga dapat mengurus bersama.

  1. Mengurus visa

Visa diurus di Kedutaan Arab Saudi di Jakarta (KBSA). Bisa mengurus sendiri atau pakai jasa/agen. Biasanya yang dari luar Jabotabek memakai jasa/agen. Biasanya teman-teman KSU urus visa dengan jasa pak Jufri atau pak Maulana. Untuk persyaratan urus visa kadang berubah-ubah, untuk lebih pastinya bisa tanya ke KBSA atau tanya agen. Namun secara umum persyaratannya adalah sebagai berikut:

  • Paspor Asli
  • Calling visa (ada di surat penerimaan/isya’ar qobul)
  • Medical checkup
  • Terjemahan b. Arab Ijazah yang sudah dilegalisir KBSA
  • Foto berwarna
  1. Membeli tiket

Untuk mahasiswa murni tiket akan diberikan oleh idarah minah. Anda cukup mengirimkan scan visa, foto dan ijazah yg telah dilegalisir via email ke usr@ksu.edu.sa. Untuk peneliti maka Anda harus beli dengan uang sendiri, nanti pada saat sudah sampai di KSU bisa urus biaya ganti tiketnya.

  1. Terbang ke Saudi

Setelah Anda mendapat visa dan tiket maka segera persiapan untuk keberangkat ke Saudi Arabia. Bawa barang secukupnya saja. Jangan lupa memberi tahu teman-teman yang di KSU atas keberangkatan Anda.

  1. Tiba di Saudi dan mengurus asrama

Sesampai di bandara King Khalid di kota Riyadh insyaallah sudah ada jemputan dari KSU. Mereka akan membawa papan bertuliskan “King Saud University”. Mereka juga akan menjemput beberapa mahasiswa baru dari negara lain. Jika ada kenalan di KSU atau di Riyadh, bisa juga Anda minta dijemput (tetapi beritahu pihak jemputan KSU agar tidak mengunggu Anda). Penjemput Anda akan mengantar ke asrama mahasiswa (gedung 25), setelah proses administrasi Anda akan diberi asrama sementara. Nanti setelah daftar ulang dan dapat nomor mahasiswa bisa mengurus asrama kembali.

  1. Mengurus daftar ulang

Anda dapat mengurus daftar ulang di hari aktif di bagian pendaftaran KSU (deanship of admission and registration). Anda harus mengisi form daftar ulang dan melampirkan beberapa berkas (seperti LoA, ijazah, transkrip dll). Anda juga harus menunjukkan ijazah dan transkrip asli (jangan lupa dibawa!!). Untuk daftar ulang anda juga perlu surat pengantar dari idarah minah (bagi mahasiswa murni) atau dari bagian istiqtab (bagi peneliti).

  1. Mengurus daftar sebagai pegawai/peneliti.

Khusus bagi yang diterima sebagai researcher A/B Anda juga harus mengurus administrasi kepegawaian (urus kontrak, ID pegawai, dll).

Sekian dulu yang dapat saya tulis. Mohon maaf saya buat tulisan ini dengan bahasa yang seadanya. Semoga kedepan bisa saya update lagi tulisan ini. Semoga bermanfaat.

Sutrisno W. Ibrahim.

Riyadh, 16 Desember 2014.

One thought on “Persiapan ke Saudi Arabia dan Daftar Ulang KSU

  1. Ustadz biasanya untuk bulan penerimaan mahasiswa baru itu bulan apa ustadz? atau dengan kata lain Tahun Ajaran baru di saudi itu sekitar bulan apa? Jazakallahu khairan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s