Home » Relax » Comprehensive Exam, apa sih?

Comprehensive Exam, apa sih?

COMPRE EXAMComprehensive Exam atau sering disingkat compre adalah ujian yang biasanya diperuntukkan mahasiswa S3 setelah selesai semua mata kuliah dan sebelum mulai disertasi. Ujian ini mirip seperti ujian pendadaran untuk S1. Hanya setelah lulus ujian ini seorang mahasiswa S3 baru boleh disebut PhD Candidate (Kandidat Doktor). Ujian seperti ini cukup bermanfaat untuk memotivasi (baca: memaksa) seorang calon doktor untuk mengasah kembali pengetahuan-pengetahuan dasar dalam bidang studinya. Tetapi disisi lain kadang kala menjadi “momok” tersendiri.

Tidak semua universitas menerapkan ujian ini. Diantara yang menerapkannya adalah universitas-universitas di USA, Kanada, Saudi dan lainya. Di Indonesia sendiri setahu saya tidak ada. Yang ada adalah ujian proposal penelitian disertasi. Meskipun mungkin istilahnya juga menggunakan “Ujian Komprehensif”.

Bentuk ujiannya pun bermacam-macam, tergantung kebijakan universitas yang bersangkutan. Bahkan dalam universitas yang sama, atar jurusan saja bisa saja berbeda. Namun, secara umum ujian komprehensif terdiri dari written exam (ujian tertulis) dan oral exam (lisan).

Sutrisno Ibrahim. Riyadh 13/5/2015.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s