Home » SaudiArabia » Biaya Hidup di Saudi Arabia

Biaya Hidup di Saudi Arabia

[Catatan: Tulisan berasal dari blog ahlanriyadh.wordpress.com. Saya sengaja memposting ulang disini agar lebih banyak yang mendapat manfaat.]

masjidil haram2Jika dibandingkan dengan Negara teluk atau Timur Tengah lainnya, Biaya hidup di Saudi Arabia bisa dikatakan paling murah. Hal ini mungkin disebabkan oleh murahnya patokan harga bensin yang diterapkan oleh pemerintah. 1 liter bensin di Saudi Arabia dipatok seharga 45 halala atau 0.45 Riyal (kira-kira Rp 1000 dgn kurs 1 riyal = Rp 2230)

Masalah makanan juga tidak menjadi kendala yang besar karena cukup murah. Misalkan saja di McDonal harga Double Cheese burger bisa didapatkan hanya dengan 11 riyal (Rp 25rb). Atau banyak restoran-restoran Turki yang menjual paket makanan berupa ayam bakar (1/2 ayam) dan Nasi seharga antara 11-15 riyal saja.

 

Mata uang Kingdom of Saudi Arabia (KSA) adalah Saudi Arabia Riyal atau biasa disingkat SAR. Harga 1 SAR apabila kita jual kira-kira sama dengan Rp 2230 (Transfer ke BCA lewat Tahweel AlRajhi).Perlu diketahui juga bahwa Rate Dollar Amerika dipatok flat dengan Riyal yaitu 1 Dollar sama dengan 3.75 Riyal.

Bagi anda yang beragama Islam tentunya sudah tidak perlu khawatir karena semua makanan yang di jual di Saudi Arabia ini InsyaAllah di jamin kehalalannya, kecuali tentunya di tempat-tempat tertentu dengan pengecualian yg ketat seperti di dalam compound, hotel dan semacamnya.

 

Dibawah ini adalah beberapa gambaran biaya hidup di KSA.

 

Rumah / Villa / Appartment

  • Sewa rumah/villa (5 ruangan, 2 kamar mandi, 1 dapur): 30,000 – 60,000 SAR/tahun
  • Non-Furnished Apartment (3,4-5 ruangan, 1-2 kamar mandi, 1 dapur): 12,000 – 60,000 SAR/tahun
  • Furnished Apartment (3 Ruangan, 1 atau 2 kamar mandi, 1 dapur): 3,000 – 5,000 SAR/bulan
  • Sewa Rumah dalam compound: 60,000 – 200,000 SAR/tahun

 

Bagi rekan-rekan yang sendiri (tanpa keluarga) biasanya mereka memilih untuk tinggal di Furnished apartment dan sharing dengan rekan yang lain sehingga bisa berhemat. Apabila mengambil apt yang tiga kamar maka sewa perbulan bisa dibagi 3 (alias 1000 SAR/bln saja).

Bagi rekan-rekan yang datang dengan keluarga, pilihan biasanya akan lebih hemat  jika sewa rumah/villa atau unfurnished apt. Furnished Apartment juga bisa digunakan dengan pertimbangan hanya untuk sementara/jangka pendek sementara sambil mencari tempat untuk sewa rumah. Kelebihan dari Furnished apartement adalah jangka sewanya yang fleksible (mirip hotel), anda bisa keluar kapan saja. Untuk sewa rumah/villa atau non-furnish apartment biasanya anda akan dituntut untuk membayar sewa selama maksimum 6 bulan atau 1 tahun kedepan (bayar diawal sewa).

Apabila anda menyewa rumah/villa biasanya pemilik akan mengenakan biaya air sebesar 300 SAR/tahun dan juga menaruh semacam uang jaminan yg besarnya bervariasi antara 1000-5000 SAR (uang jaminan ini akan dikembalikan diakhir sewa apabila tidak ada permasalahan pada kondisi akhir rumah/villa). Pada awal penyewaan, jika ada penjaga rumah atau melalui perantara maka ada biaya komisi sekitar 500-1000 SAR yg dibayar sekali saja.

Sewa Rumah/Villa atau non-furnish apartment biasanya menuntut anda untuk melengkapi semua kebutuhan dasar di dalam rumah seperti AC dan tentunya perabotan seperti Kulkas, Meja Kursi, tempat tidur dan lain-lain. Ini tidak akan terjadi apabila anda menyewa furnished apartment. Khusus untuk AC, ada beberapa rumah/villa dan unfurnished apt yg sudah menyediakannya.

Note: Furniture bisa didapatkan dibanyak tempat di KSA, seperti IKEA atau pasar-pasar furniture local. Untuk AC dan peralatan elektronik, anda bisa mendapatkannya di banyak toko-toko elektronik sepert eXtra Electronic, e-Max, dll. Untuk perabotan yang “second-hand” bisa coba cek dihttp://www.expatriates.com/classifieds/saudi/ atau terkadang apabila ada rekan yang final-exit, bisa dicoba untuk ditengok dimilis Ahlan-Riyadh.

Salah satu jenis tempat tinggal adalah compound. Compound adalah semacam kompleks perumahan tertutup yang memiliki tingkat keamanan tinggi. Compound ini bisa diibaratkan semacam Negara kecil didalam KSA karena didalamnya kewajiban pemakaian Abaya bagi wanita tidak diberlakukan. Compound biasanya digunakan oleh para pekerja-pekerja dari Eropa dan Amerika (Western). Di dalam compound semua fasilitas biasanya tersedia sehingga penghuni bisa melakukan aktifitas tanpa harus keluar dari compound.

Compound biasanya sudah dialokasi oleh perusahaan-perusahaan asing sehingga untuk mendapatkannya bukan hal yang mudah.

Fasilitas seperti Listrik/Telpon dan Internet juga perlu untuk diperhatikan apabila kita sewa rumah/villa/non-furnished apt. Listrik biasanya sudah terpasang dan biaya perbulan dengan pemakaian normal kira-kira sekita 100-250 SAR/bulan. Telpon dan Internet bisa diaktifkan dengan mengajukan aplikasi pemasangan jaringan telpon lokal. Pemasangan ADSL untuk internet bisa diajukan juga dari perusahaan telekomunikasi STC (Saudi Telecom Company semacam Telkom nya Saudi). Informasi lebih lanjut bisa dilihat di website: www.stc.com.sa

 

Telekommunikasi

Pilihan lain untuk komunikasi dan Internet bisa dengan melalui jaringan mobile/wireless. Paket data melalui Modem 3G/HSPA atau Wimax juga tersedia. Beberapa link yang bisa dilihat.

  1. STC, Saudi Telecommunication (Fix & Mobile Operator)
  2. Mobily(Mobile Operator)
  3. Zain(Mobile Operator)
  4. GO(Wimax Operator)

 

Air dan Listrik

Fasilitas listrik, telpon, internet juga elpiji untuk memasak biasanya sudah tersedia gratis di Furnished apartment.

Apabila Elpiji tidak tersedia, tabung bisa dibeli ditoko-toko elpiji dengan harga sekitar 150 SAR/tabung dan pengisian ulangnya sendiri hanya dikenakan 15 SAR saja.

Perhatian, Kualitas air keran di KSA sangat tidak disarankan untuk langsung diminum atau dimasak sekalipun. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kualitas pipa-pipa di jaringan air minum Saudi tidak bagus. Kami sarankan anda untuk selalu menggunakan air gallon untuk makan dan memasak. Pilihan lain adalah bisa dengan mengunakan alat filter tambahan atau water purifier. Air gallon dapat dengan mudah diperoleh di toko-toko kelontong (bagala) seharga 5 SAR (Jaminan Plastik Gallonnya sendiri sebesar 10 SAR).

Perhatikan juga pemakaian air, apabila anda sewa rumah/villa pastikan anda tidak membuat genangan air diluar pekarangan anda (biasanya terjadi saat membersihkan pasir dari pekarangan atau mencuci mobil). Petugas dari perusahaan air rutin melakukan inspeksi didaerah-daerah perumahan setiap harinya antara jam 7am-8pm dan apabila mereka menemukan ada genangan air di depan rumah anda maka mereka akan mengeluarkan denda yang cukup besar yaitu sekitar 200 SAR.

Untuk keamanan, penting diingat untuk mengganti Kunci (mata kunci) rumah/villa/non-furnished apt segera setelah anda menempatinya. Juga dianjurkan untuk menggantinya sendiri tanpa campur tangan orang lain walau itu penjaga rumah atau apartment sekalipun. Pilih juga lokasi yang memang diketahui aman karena ada beberapa lokasi yang rawan pencurian. Mata kunci banyak terdapat di toko-toko matrial atau toko matrial besar spt SaCo, dll.

 

Transportasi

  • Sewa Sedan Kecil (Aveo, Yaris, etc): 1,500 – 2,000 SAR/bulan
  • Beli Mobil Bekas Sedan (Aveo, Yaris, etc): 15,000 – 35,000 SAR
  • Beli Mobil Bekas 4×4 (Explorer, Fortuner, etc): 50,000 – 100,000 SAR

 

Transportasi bukan merupakan masalah besar bagi pendatang. Walau Saudi tidak memiliki transportasi masal yang bagus namun taksi-taksi yang ada bisa dipakai sebagai sarana transportasi yang cukup murah. Umumnya taksi disini bisa ditawar tanpa menggunakan argo meter sehingga biaya dari satu tempat ke tempat lain biasanya atas dasar kesepakatan dan kelaziman saja.

Apabila anda tidak mengetahui biayanya mereka pun menerima menggunakan argo meter, namun apabila anda bisa bertanya-tanya kepada rekan-rekan yang sudah biasa menggunakan taksi maka ada kemungkinan anda bisa mendapatkan tarif taksi dibawah argo meter.

Harga Mobil di KSA tergolong murah karena tidak ada pajak jual beli. Harga jual mobil juga sangat menguntungkan pembeli. Apabila anda tidak ingin pusing dengan perawatan mobil ada baiknya anda membeli mobil baru, namun juga ada pilihan membeli mobil bekas dari beberapa dealer-dealer mobil yg bisa memberikan jaminan selama 1 tahun atau lebih sesuai kesepakatan.

Fasilitas leasing atau pembiayaan oleh bank juga tersedia untuk pembelian mobil baru maupun second-hand di dealer-dealer yang ada di sini.

Hal-hal penting yang perlu anda ketahui mengenai mobil & mengemudi di KSA.

  • Anda bisa membeli mobil hanya jika sudah memiliki iqama atau menjadi Permanent Resident (PR) di KSA.
  • Apabila anda sudah PR maka wajib bagi anda untuk memiliki SIM Saudi dalam tempo 1 bulan sejak resmi PR
  • SIM internasional (didampingi dengan SIM Indonesia) bisa digunakan untuk mengemudi dan menyewa mobil selama anda blm memiliki PR
  • Apabila anda mengemudi (sewa atau milik sendiri) pastikan mobil itu miliki asuransi serta surat asuransinya dibawa. Apabila terjadi kecelakaan dan mobil tidak ada asuransi walaupun anda dipihak yang benar maka anda kemungkinan besar akan ditahan (penjara).Check juga kelengkapan lain seperti Istimarah (STNK mobil)
  • Apabila anda memiliki SIM Eropa/North Amerika atau Negara maju lainnya, ada kemungkinan anda tidak perlu menjalani tes tulis dan tes praktek untuk mendapatkan SIM Saudi. Anda cukup mengisi formulir untuk transfer SIM saja.
  • Berhati-hatilah terhadap speed radar dari Saheer selama mengemudi. Patuhi batas kecepatan yang ada (50/70/90/100) serta pastikan untuk tidak menerobos lampu kuning atau merah di traffic light. Denda pelanggaran lumayan besar antara 300-500 SAR dan harus dibayar secepatnya sebelum 29 hari. Apabila telat maka anda akan dikenakan denda keterlambatan sebesar denda yg tdk terbayar alias tagihan menjadi double. Pemberitahuan atas pelanggaran diberikan melalui notifikasi SMS. (lihat dibawah untuk cara update nomor handphone)
  • Sensor speed radar biasa dikamuflase seperti di dalam mobil box yg diparkir di pinggir jalan atau di pasang di tiang-tiang dipinggir jalan atau dekat traffic light.
  • Gunakan selalu sabuk pengaman serta hindari penggunaan telpon genggam selama mengemudi, selain utk keselamatan anda, hal ini juga penting krn apabila anda terlihat oleh petugas melanggar aturan tsb maka dendanya lumayan besar yaitu antara 100-200 SAR
  • Dalam bepergian, selalu bawa surat-surat atau identitas diri seperti passport, Iqama atau visa, surat nikah untuk sekedar berjaga-jaga bila sewaktu-waktu diperlukan.
  • Apabila terjadi kecelakaan, tetaplah tenang dan posisi mobil harus tetap ditempat kejadian dan tidak boleh dirubah walaupun mengakibatkan kemacetan jalan. Mobil harus tetap pada tempat kejadian perkara sampai mobil asuransi datang. Jangan pernah kabur bila terlibat kecelakaan karena hukumannya penjara.
  • Perlu diingat bahwa Saudi Arabia adalah Negara yang memiliki tingkat kecelakaan mobil yang paling tinggi di dunia, oleh karena itu disarankan untuk selalu ekstra hati-hati dalam berkendara.
  • Link untuk cek denda: http://www.moi.gov.sa/wps/portal-> Click E-Service -> Traffic -> Query Traffic Violation
  • Link untuk update no handphone (untuk notifikasi pemberitahuan denda) http://eservices.moi.gov.sa/ES/Public/UpdateMobileVehicle.aspx
  • Hal-hal tentang saheer akan dijelaskan lebih lanjut (nsya Allah)
  • Pastikan anda membayar semua denda traffic yang ada sebelum anda keluar dari Saudi baik itu untuk liburan atau final exit karena bila tidak akan menjadi masalah di Imigrasi.
  • Pembayaran denda bisa dilakukan dengan ATM atau Online Banking dan bisa dilakukan oleh orang lain (yang penting nomor accident dan nomor iqama/visanya ada).
  • Ada aplikasi untuk smartphone yang mendata lokasi kamera, namanya Trapster. Aplikasi tersedia untuk platform symbian, android dan iOS. Check di trapster.com

 

Pendidikan

Banyak pilihan sekolah, tentu saja dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Sekolah Internasional maupun sekolah yang dikelola Department Luar Negeri RI.

Untuk sekolah Internasional, cukup banyak pilihan biayanyapun bervariatif. Biaya pendidikan di Sekolah Internasional berkisar  5,000 – 10,000 SAR/semester.

Untuk sekolah Indonesia, setidaknya ada 3 Sekolah Indonesia. Sekolah Indonesia RiyadhSekolah Indonesia Jeddah dan Sekolah Indonesia Makkah. Biaya masuk sekolah berkisar 500 – 1,000 SAR dan biaya bulanan:

  1. TK/SD: 150 – 200 SAR
  2. SMP/SMA: 200 – 300 SAR

 

Makanan

Biaya makan atau groceries di Saudi adalah bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Harga-harga bahan makanan mentah dan harga makanan jadi di Saudi cukup murah dan bisa dikatakan hamper sama dengan harga-harga di Indonesia.

Di Saudi, khususnya kota-kota besar, banyak tersedia supermarket dan hypermarket yang menyediakan hampir segala macam bahan makanan, bumbu masakan, dan lain-lain. Bahkan beberapa produk Indonesia mudah didapatkan disana. Supermarket dan Hypermarket yang paling popular di KSA diantaranya Hyperpanda, Lulu, Carrefour, Giant, Danobe, Euromarche dan lain sebagainya. Setiap Hypermarket mempunyai ciri-ciri tersendiri dan barang-barang yang tersedia di satu tempat biasanya berbeda dengan tempat yang lain.

Tergantung gaya hidup dan jumlah anggota keluarga, biaya untuk gloceries di KSA bisa beragam mulai dari 1000/bulan SAR (single) hingga 5,000-10,000 SAR/bulan.

Wallahu a’lam.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s