Home » Research&Publications » MENULIS REVIEW PAPER

MENULIS REVIEW PAPER

submission2Menulis review paper bukan perkara yang mudah. Mau tidak mau kita harus membaca dan berusaha memahami puluhan atau bahkan ratusan paper/artikel ilmiyah yang berkaitan dengan bidang yang kita review. Selain itu, kita harus teliti saat mengutip atau mengomentari suatu artikel ilmiyah karena kalau tidak akurat bisa jadi kita disalahkan oleh di penulis artikel.

Meskipun tidak mudah sebenarnya banyak sekali manfaat kita menulis review paper. Apa itu? Berikut ini diantaranya:

– Menulis review paper “memaksa” kita membaca puluhan atau bahkan ratusan artikel ilmiyah. Hal ini akan semakin membuka wawasan kita dan menepatkan diri kita pada “state of the art” (perkembangan terkini dari bidang yang bersangkutan)

– Menulis review paper adalah salah satu bentuk kontribusi kita terhadap komunitas ilmiyah. Akan banyak yang terbantu dengan adanya review paper yang kita tulis pada topik tertentu.

– Biasanya review paper akan banyak dikutip (citation). Ini tentu akan meningkatkan portofolio diri kita sebagai seorang peneliti atau akademisi.

– Jika seseorang sedang melakukan riset untuk pendidikan S2 atau S3 biasanya dalam thesis/disertasi mereka ada bab “literature review”. Menulis review paper bagi mereka ibaratnya “sambil menyelam minum air”.   Review yang mereka tulis selain untuk dipublish sekaligus juga sebagai bagian dari thesis/disertasi mereka.

…. dst

Masih banyak lagi sebenarnya manfaat kita menulis review paper. Tetapi saya cukupkan sekian dulu, semoga bermanfaat.

Sutrisno Ibrahim. Riyadh, 13/12/2016
Sekedar info, berikut ini dua review paper pernah saya tulis yang sudah dipublish:

– “A review on frequency tuning methods for piezoelectric energy harvesting systems ,” Journal of renewable and sustainable energy

– “A comprehensive review on intelligent surveillance systems ” Communications in Science and Technology

Sekarang saya sedang menyiapkan  satu review paper dalam bidang teknik biomedik “Comprehensive Review on EEG-Based Computer Aided Diagnosis for Neurological Disorders”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s